Gerakan Implementasi Lestari KKN-Mandiri 102 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

2

Tabloidmantap.com | Para Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di tengah pandemi Covid-19 melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN-Mandiri 102) dengan menanam 200 batang pohon di pinggiran sungai serta memanfaatkan lahan kosong yang terletak di Dusun Benyo, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Kegiatan reboisasi ini dilaksanakan pada Jumat, 7 Agustus 2020 dengan diikuti oleh kelompok KKN Angkatan 102 dan pemuda/i Dusun Benyo.

Pada awalnya, kelompok KKN berinisiatif mengajukan permohonan bibit pohon di Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo (BPDASDHL.SOP) Provinsi Yogyakarta. BPDASDHL merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bidang pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung. BPDASDHL akhirnya menyetujui permohonan tersebut dan menyerahkan beberapa jenis bibit pohon yang akan ditanam.

“Bibit pohon ini berasal dari BPDASDHL Serayu Opak Progo Provinsi Yogyakarta yang terdiri dari pohon berkayu dan berbuah. Akan ditanam di pekarangan rumah, pinggir jalan, tepian sungai”. Pohon yang akan ditanam berupa pohon jati 25 batang, pohon ketapang 55 batang, pohon sengon 35 batang, pohon gayam 20 batang, pohon akasia 20 batang, dan sisanya pohon yang berbuah yaitu pohon sirsat, srikaya, serta jeruk .

Baca Juga  Polisi Bagi-Bagi Masker Gratis Di Pasar Hewan Kajen

Dari penyerahan tersebut kelompok KKN memberikan bibit pohon tersebut kepada pemuda/i dan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Dusun Benyo. Pemuda/i menanam bibit pohon di tempat tertentu yang ada di wilayah Dusun Benyo.

Sementara itu, Ketua Kelompok KKN-Mandiri 102, Aldi Chandra Wijaya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk Gerakan Implementasi Lestari, “Hal ini dilakukan sebagai wujud salah satu aksi dan tindakan positif dengan cara menanggulangi masalah kekurangan pohon demi mengembalikan bumi menjadi hijau kembali”, ujarnya.

Kegiatan reboisasi ini merupakan salah satu program kerja yang telah direncanakan oleh kelompok KKN Mandiri Angkatan 102 Kelompok 234 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan reboisasi dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama pemuda/i Dusun Benyo untuk menanam beberapa jenis bibit pohon yang ada tersebut. Reboisasi bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan sehingga lingkungan menjadi berkualitas, bersih, dan udara menjadi lebih segar. Reboisasi ini tentu saja mempunyai banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh warga sekitar, seperti menjaga kelestarian sumber daya alam (SDA), mengurangi efek rumah kaca (global warming), menghasilkan oksigen dan menyimpan air, mencegah erosi pada lahan miring, dan lain-lain.

Baca Juga  Buron Selama 12 Tahun , Tersangka Pembunuhan Kapolsek Berhasil Diringkus

Kelompok KKN Angkatan 102 dan pemuda/i berkumpul di posko KKN dengan membawa peralatan untuk menanam bibit pohon seperti cangkul, cetok, ember dan parit kemudian berangkat bersama menuju lokasi penanaman. Sebelum melakukan penanaman bibit pohon bersama, kelompok KKN mengadakan briefing agar penanaman bibit pohon dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan. Selain itu, kegiatan ini tentunya didukung dengan tanggapan positif oleh pemuda/i dan ketua RT di Dusun Benyo serta partisipasinya dalam melaksanakan reboisasi.

Dengan terlaksanannya kegiatan reboisasi ini diharapkan dapat menciptakan kesadaran dan kepedulian untuk menjaga kelestarian alam di Indonesia. Sebagai generasi penerus kita tentu saja harus melaksanakan kewajiban dalam merawat lingkungan di sekitar kita, seperti menjaga kebersihan lingkungan, merawat tanaman, menghemat penggunaan sumber daya alam, dan lain-lain. Tentu saja dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan sederhana ini akan membantu pelestarian alam bagi lingkungan sekitar, sehingga generasi penerus dapat menikmati alam yang sehat.

Aldi (tabloidmantap.com)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two − two =