Kue Putu, Tradisional Dan Penuh Nostalgia

51

Tabloidmantap.com |  Kue putu (dari bahasa Jawa, puthu ) adalah jenis makan tradisional nusantara yang berupa kue dengan isian gula jawa, dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan.

Ciri khas dari kue ini adalah suara uap yang melengking yang keluar dari alat suitan tempat pengukusnya saat kue dimasak. Yang uniknya adalah suara tersebut menjadi alat promosinya agar calon pembeli mengetahui ada pedagang kue putu tersebut.

Kue putu biasanya dijual pada malam hari sebagai cemilan orang-orang baik yang sedang, tugas dinas malam dan sebagainya.

Munadi (45), salah satu penjual putu yang berada diwilayah Cibinong, Bogor ini sudah lebih dari 10 tahun berkeliling berjualan kue putu mengatakan tidak takut bersaing dengan kue modern karena disamping harganya cukup murah, ia sudah mempunyai pelanggan sendiri.

Eksistensi kue putu ini memang tidak akan pernah hilang di makan zaman walupun ditengah kehadiran kue modern saat ini, kue putu saati ini memang banyak dikangeni penikmat kuliner tradisional.

Baca Juga  Nikmatnya Martabak Seafood Pasir Putih Depok

Namun, eksistensi kue putu seakan tak pernah hilang dimakan zaman ditengah kehadiran kue kue modern, kue putu masih banyak dikangenin penikmat kuliner tradisional.

Untuk menikmati kue putu ini memang lebih nikmat disajikan malam hari bersama kerabat atau keluarga dengan secangkir kopi dan teh hangat sambil bernostalgia.(RA17)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + 15 =