Mengenal Kuliner Sate Tulang Khas Banjarmasin

35
sate tulang kuliner nusantara khas Kota Banjarmasin (sumber instagram eldorado)

Tabloidmantap.com | Apakah anda sudah pernah mendengar kuliner yang satu ini, iya Sate Tulang Banjarmasin yang merupakan kuliner khas dari ibukota Kalimantan Selatan ini, Banjarmasin.

Kalau kita sekilas mendengarnya pasti merasa unik bukan, apa iya tulang koq bisa dibuat sate. Nah ini memang benar ada Penjual Sate Tulang yang bener bener khas Kota Banjarmasin.

Kalau boleh kami gambarkan mengenai sate tulang ini yang kami ambil dari kutipan tabloid mantap yang sengaja mengangkat ini dalam halaman kulinernya. Sate ini terbuat dari tulang ayam dengan bagian bagianya yang masih dilekati dengan daging atau kulit.

sate tulang yang menggugah selera (sumber instagram eldorado)

Tulang tulang yang umumnya digunakan dalam racikan tentunya tulang muda ayam dan bukan tulang tua. Dan bumbu sate ini beda dari bumbu sate yang lainya, bumbu sate ini adalah mirip saos sambal botol dengan campuran rasa manis, asam dan pedas. (sumber tabloid mantap, halaman kuliner)

Sate tulang disarankan berbarengan disantapnya dengan soto Banjar, karena akan saling menambah kesedapan rasanya menurut keterangan Eldorado yang diwawancarai tabloid Mantap beberapa tahun silam yang adalah seorang penjual sate tulang yang berjualan di Kawasan Kelapa Gading yang tepatnya berada dipelataran wisma gading permai.

Baca Juga  Bakso "Juragan" Dengan Menu Favorit Bakso Lobster Hadir Menambah Pilihan Kuliner Warga Kota Palembang

Karena rasa penasaran kami, tim yang merangkum kuliner sate tulang ini, apakah masih ada atau tidak ditempat asalnya sate tulang ini, akhirnya tim berinisiatif menghubungi kontributor tabloidmantap.com biro kalimantan selatan (Bapak rian) sengaja ingin mendapatkan informasi akan sate tulang ini.

“Iya pak, sate tulang itu khas kota Banjarmasin dan sampai saat ini pun masih ada pedagang di Kota Banjarmasin yang menjual sate tulang itu” terang pak Rian dengan sambungan telepon.

“Sate tulang kurang lengkap pak kalau tidak berbarengan dengan soto banjar saat disantapnya, karena ibarat kekasih bisa saling melengkapi rasanya,” tambah pak Rian dengan sambil nada sedikit bercanda kepada kami.

Dari informasi yang kami dapati langsung dengan salah satu warga asli Kota Banjarmasin tersebut, membuat kita sedikit lega karena kuliner yang jarang hampir kita dengar ini untuk di kota Banjarmasin sendiri yang menjadi asal Sate Tulang ini masih bisa dijumpai pedagang yang menjualnya, atau bisa juga bagi yang tidak bisa bepergian ke Kota Banjarmasin bisa mencoba coba mencari tempat kuliner di Jakarta ataupun sekitarnya yang masih menyediakan menu Sate Tulang ini karena ini kuliner Nusantara yang memang amat disayangkan kalau kita belum mencobanya.

Baca Juga  Bakso Bakar Kobong Asli Hasil Buatan Para Santri Menggugah Selera Lidah

(feb/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =