Ternyata Main Ipad di malam hari dapat Berpotensi menimbulkan Depresi

4
Ilustrasi penggunaan ipad dimalam hari (sumber istimewa)

Tabloidmantap.com | Benarkah aktivitas dengan ipad, komputer dan handphone pada malam hari dapat menyebakan depresi? Mari kita coba sama sama dalami rangkuman dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh sebuah University di Amerika Serikat, yang kami rangkum dan kami coba sajikan berikut ini.

Studi para ahli mengindikasikan, menggunakan ipad, komputer, handphone dan atau menonton televisi dimalam hari dapat memicu resiko timbulnya depresi. Paparan cahaya yang kuat pada malam hari saat tubuh seharusnya beristirahat ternyata dapat mempengaruhi prilaku dan meningkatkan resiko stres terhadap seseorang.
Ilmuwan dari John Hopkins University (Amerika Serikat) menemukan, paparan cahaya yang kuat dimalam hari dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh.

Tes percobaan pun telah dilakukan terhadap tikus di laboratorium yang menunjukan tingkat stres hewan ini meningkat saat mereka terpapar cahaya secara teratur dimalam hari. Hewan pengerat ini kehilangan minat melakukan aktivitas menyenangkan dan cenderung menjadi malas mengekplorasi benda benda baru yang ada di kandangnya. Tingkat hormon kortisol tikus juga meningkat akibat paparan cahaya yang kronik tersebut.
Sammer Hattar, Profesor Biologi dari John Hopkin University yang merupakan penggagas study ini menemukan, intensitas cahaya yang kuat juga mengakibatkan perubahan pada sel sel spesifik dalam tubuh tikus. Sel ini disebut Intrinsically Photosensitive Retinal Ganglion. Efek ini menyebabkan perubahan pada bagian otak yang mengatur mood, daya ingat serta proses mengingat. Walaupun riset ini baru sebatas uji coba terhadap hewan tikus di laboratorium.

Baca Juga  Aerobik menjadi alternative mengatasi Kendala Susah Tidur (Insomnia)

Prof Hattar mengaskan, manusia dan kaum pria khususnya uang rentan akan mengalaminya. Karena sebenarnya manusia dengan tikus memiliki kemiripan, salah satunya adalah mereka punya ipRGCS dalam mata yang pengaruhnya pun sama. Dan penelitian ini disarankan menjadi pembelajaran.

“Saya tidak mengatakan bahwa kita harus diam dalam kondisi gelap gulita pada malam hari. Namun saya menyarankan, kita sebaiknya menggunakan lampu yang lebih sedikit atau tidak terlalu terang, dengan intensitas yang rendah. Pada dasarnya, gunakanlah penerangan apabila memang anda membutuhkanya,” papar Hattar yang mempublikasikan risetnya dalam Jurnal Nature.
Sementara itu jurubicara dari Jihn Hopkins University menambahkan, ketika seorang sering bekerja hingga larut malam, mereka lebih beresiko mengalami depresi dan kesulitan dalam belajar, dan bukan hanya karena kekurangan tidur. Penyebabnya adalah paparan cahaya yangvterang pada malam haru dari lampu komputer, ipad ataupun televisi,” tutupnya.
Nah kembali lagi kepada kita dalam menyikapi penelitian tersebut, apakah aktivitas menggunakan ipad, handphone dan komputer pada malam hari membuat anda lebih merasakan depresi dibandingkan ketika anda dapat memanfaatkan waktu istirahat di malam hari, dengan normalnya waktu istirahat pada malam hari.

Baca Juga  Program Kursus Belajar Mahir dan Cepat dalam Bahasa Inggris bersama Brain Academy Lanal, Palembang

(rnm/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 16 =