Wednesday, November 30, 2022
HomeGaya HidupAerobik menjadi alternative mengatasi Kendala Susah Tidur (Insomnia)

Aerobik menjadi alternative mengatasi Kendala Susah Tidur (Insomnia)

Tabloidmantap.com | Jakarta,
Apakah anda termasuk sebagian banyak orang yang mengalami kesulitan tidur (Insomnia). Cobalah sedikit meluangkan waktu untuk melakukan Senam Aerobic.

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa dengan melakukan senam aerobic secara rutin, bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur, vitalitas dan bahkan dapat mengatur emosi.

Studi tersebut pertama kali dilakukan untuk mempelajari efek dari latihan aerobik pada usia paruh baya dan usia senja yang di diagnosa mengidap Insomnia (kesulitan tidur).

Penelitian tersebut merangkul sebanyak 50 orang relawan yang mengeluhkan imsonia kronis. Peneliti meminta para relawan melakukan latihan aerobik secara rutin.
Dari hasil penelitian terlihat, dengan latihan aerobik secara rutin menunjukan peningkatan yang drastis pada kualitas tidur pasien, termasuk durasi tidur relawan.

“Insomnia meningkat seiring bertambahnya usia, di usia paruh baya, kualitas tidur akan sangat berubah secara signifikan. Mengidentifikasi perilaku untuk meningkatkan kualitas tidur sangatlah penting.

Lewat penelitian ini, kami dapat meyakinkan bahwa latihan aerobik adalah starategi paling mudah membantu orang tidur lebih baik,” kata Pyllis Zee, direktur pusat Gangguan tidur di NorthWestern University, Evanston, Amerika Serikat, seperti yang kami kutip dari livestrong.
Menurut Pyllis Zee, latihan aerobik merupakan pilihan aman.

Karena penderita insomnia tidak harus mengkonsumsi obat tidur yang biasanya mempunyai efek samping terhadap kesehatan.

(Roni/red)

- Advertisement -
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here