Diduga Lakukan Praktik Pungli, Oknum Gugus Tugas Tingkat RW di Minta Mundur dari Jabatanya Oleh Warga

1416
Kelurahan Cilangkap menjembatani permintaan Warga RW 05 yang meminta Gugus Tugas Rw dan Ketua RW 05 untuk mundur dari jabatanya, terkait dugaan praktik pungli (Rendra)

Tabloidmantap.com|Depok- Diduga pungli terjadi di Kelurahan Cilangkap, dilakukan oknum yang mengaku mengatasnamakan Gugus Tugas percepatan penanganan covid19.

Seperti yang di tuturkan salah seorang warga RW 05 bahwa seorang oknum meminta sejumlah uang untuk mengeluarkan izin keramaian dalam rangka menyelenggarakan Pesta Pernikahan Sabtu, 5 September 2020.

Menurut warga yang memberikan keterangan kepada kami, uang yg di minta oleh oknum tsb bervariasi antara 1 juta sampai 1,5 juta rupiah dengan dalih memuluskan ijin gelaran pesta pernikahan kepada Gugus tugas Wilayah Cilangkap, Kota Depok

Lurah Cilangkap, Suaibun menggelar diskusi akibat keresahan warga RW 05 terkait terjadinya praktik kegiatan pungli (rendra/red)

Permasalahan tersebut di adukan oleh perwakilan warga kepihak Kelurahan setempat.

Dalam keterangannya Ustadz dedi (abah) yang merupakan perwakilan warga yang merasa dirugikan akibat pungutan sejumlah uang tersebut mengatakan secara gamblang telah terjadi pungli terhadap beberapa warga diantaranya :
Atas Nama Teguh sebeesar 1,5jt rupiah (Merupakan warga RT 05)
Atas Nama Matjenih 1 juta seratus ribu rupiah
Atas Nama Sanjaya dirugikan sebesar 500 ribu
Dan Saimin dirugikan sebesar 1,4 juta rupiah, tetapi setelah kasus ini ramai di bicarakan, uang pungli tersebut di kembalikan oleh oknum kepada warga atas nama Saini sebesar 1,4juta.

Baca Juga  Demo HMI MPO Kab Bogor Berakhir Ricuh

Menanggapi persoalan tersebut pihak kelurahan Cilangkap merespon dengan srius permasalahan yang dialami warga Rw 05, Lurah Suaibun langsung mengundang beberapa Perwakilan Warga, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan sekaligus menghadirkan kedua oknum AN (Gugus tugas RW) dengan SA (Ketua RW), guna memberikan klarifikasi terkait aduan masyarakat tersebut, pada Senin 14 september 2020.

Dalam pertemuan tersebut ada dua point yg di minta oleh masyarakat yg apabila kedua point tersebut di penuhi maka permasalahan ini di anggap selesai dan masyarakat tidak akan memperpanjang permasalahan ini ke ranah hukum.
Adapun dua point permintaan warga ialah,

Meminta Ketua RW 05 Untuk Mundur dan Meminta Ketua Gugus Tugas tingkat RW Untuk Mundur.

Kedua permintaan warga terhadap kedua oknum dikarenakan pihak-pihak tersebut yang telah menjalankan pungutan sejumlah uang untuk dapat keluarnya ijin keramaian perayaan pesta pernikahan diwilayah RW 05 Kelurahan Cilangkap.

perwakilan warga RW 05 Kelurahan Cilangkap (Rendra)

“Iya karena pihak yang dituduh pun merasa mengakui atas kesalahanya, iya konsekuensinya memang sesuai permintaan pihak yang dirugikan, dan syukur Alhamdulillah keduanya pun memutuskan mundur dari jabatanya,”ungkap Lurah Cilangkap.

Baca Juga  RT di Perumahan Sudirman Indah Mengharapkan Bantuan

Saat dimintai keterangan prihal kejadian pungutan yang terjadi diwilayahnya ini, Lurah Suaibun pun menegaskan kejadian ini diluar sepengetahuan nya.

“Saya juga baru tau dari laporan warga, karena ini terjadi benar-benar tanpa sepengetahuan saya pribadi, ataupun Kelurahan,”tegasnya.

Pihak warga yang merasa dirugikan oleh kedua oknum itu pun merasa senang karena harapan mereka dapat terpenuhi, agar tidak ada lagi kelak kejadian pungutan liar seperti itu kedepanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + four =