Kemenko Marves Terus Memacu Percepatan Ekonomi dan Infrastruktur Pantura

10
Kementrian maritim dan investasi melaksanakan pengawalan atas Perpres No.79 tahun 2019 mengenai percepatan pembangunan industri di pantai utara jawa (istimewa)

Tabloidmantap.com|Jakarta- Kemenko Marves bersama Pemerintah daerah Tegal, Pemalang, dan Pekalongan melaksanakan pengawalan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan, Kawasan Purworejo-Wonosobo—Magelang-Temanggung, dan Kawasan Brebes-Tegal-Pemalang.

Kemenko Marves melalui Asisten Deputi (Asdep) Bidang Dasar, Perkotaan dan SDA Rahman Hidayat berharap dengan Implementasi Perpres 79 tahun 2019 dapat memacu percepatan ekonomi pantura Jawa Tengah.

Tim Kemenko Marves lantas melaksanakan kunjungan lapangan dan identifikasi detail pekerjaan Infrastruktur bangunan pantai bersama tim KKP dan pemerintah daerah Jawa Tengah mulai tanggal 15 September 2020 hingga akhir pekan.

Perkembangan implementasi PerPres 79/2019 tersebut, belum lama ini dilaporkan oleh Tim Kemenko Marves , yang beberapa waktu lalu atau tepatnya pada tanggal 16 September 2020, melakukan kunjungan lapangan dan identifikasi lapangan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

“Bersinergi bersama dengan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Comal untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat sesuai dengan isi lampiran Perpres 79/2019,” ujar Asdep Rahman, dalam laporan resminya, ditulis di Jakarta, pada Selasa (9-22-2020).

Baca Juga  Tinjau Pameran IKM, Puan Ingin Ekonomi Bali Pulih

Ground check tersebut dilaksanakan di beberapa titik, antara lain ; pada infrastruktur pengendalian banjir dan normalisasi sungai yaitu pada infrastruktur pengaman pantai diantaranya growin di pesisir Pantai Pulau Kodok, kolam retensi pengendali banjir dan rob di Kelurahan Mintaragen Kabupaten Tegal, sabuk pantai pada obyek wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, jetty muara Sungai Kemiri di Kelurahan Muarareja Kota Tegal, pembangunan growin di pesisir Pantai Kelurahan Muarareja dan jetty muara Sungai Kaligangsa Kelurahan Muarareja.

Tidak berhenti sampai di situ, Ground check berlanjut di Kabupaten Pemalang. Program difokuskan pada pembangunan jaringan air baku, Kab. Pemalang; Pembangunan Bendungan Karanganyar, Kab. Pemalang; Penanganan kerusakan pantai, Kab. Pemalang dan Pengembangan Pelabuhan Perikanan Pantai Asem Doyong, Kab. Pemalang.

Sebelum melaksanakan agenda dimaksud tim melakukan koordinasi dengan Pemda setempat yaitu Kantor Korpokla Sumber Daya Air dan Tata Ruang (UPT Balai SDA dan Tata Ruang Pemali-Comal Provinsi Jawa Tengah).

(Humas Kemenko Marves)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + ten =