Ketika Ikan Mas Koki Mampu Mengubah Hobi Menjadi Jalan Pembuka Rejeki

80
Reza Stevanus, Pemilik Hobi dan Pemilik Usaha Ikan Mas Koki (Adin/Fikri)

Tabloidmantap.com||Depok– Bermula DarI Hobi, menjadi sesuatu yang menghasilkan. Demikianlah yang dijalankan oleh Reza Stevanus, pemilik budidaya Ikan Mas Koki Menjadi usaha menjanjikan dan tidak terhenti meski wabah pandemi masih terjadi. Bertempat di Gg. Kaswi 1, No12A, Tanah Baru, Kota Depok, Jawa Barat. Reza Stevanus menjalankan hobi yang berbuah menjadi peruntungan rejeki untuknya.

Gold Fish atau ikan mas koki (Carassius auratus), merupakan ikan hias yang banyak di gemari masyarakat. Ia pun terpikir untuk memulai mengembangkan hobi nya itu dengan banyak membudidaya bibit gold fish terutama dengan jenis Oranda, hingga menjadi layak jual.

Bermula sejak tahun 2012 Stevanus mulai memfokuskan berbudidaya ikan mas koki jenis Oranda ini. Karena respon masyarakat terhadap hasil budidayanya bagus di pasaran.

Sempat waktu itu saya berfikir untuk berhenti mengembangbiakan oranda, dan
ingin beralih ke jenis lainnya, tetapi respon terhadap ikan jenis Oranda sangat di gemari
masyarakat dan dari informasi masyarakat yang hobi ikan hias juga buat saya fokus lakukan bibit ikan mas koki jenis oranda
,” ujar Reza saat dijumpai tim tabloidmantap.com ditempat usahanya itu.

Baca Juga  Jodhi Yudono Rilis Single Lagu Bernuansa Religi

Dalam pembudayaan ikan mas koki tersebut harus dengan persiapan yang matang, mulai dari mempersiapkan tempat untuk pembudidayaan dan pembenihan, kualitas pangan yang terbaik, dan yang paling terpenting ialah dari indukannya.

Pemilihan lahan untuk budidaya yang paling bagus ialah di outdoor, karena ikan akan terkena sinar matahari langsung dan hal itu akan baik untuk daya tahan ikan”, ungkapnya.

Terlepas dari lahan untuk budidaya ikan, harus juga memperhatikan pakan. “Jika ingin hasil yang terbaik, harus juga memperhatikan jenis pakan untuk ikan tersebut,” terangnya.

Stevanus juga menjelaskan, Proses perkawinan ikan mas koki berlangsung 3 minggu, untuk indukannya minimal berusia 7 sampai 8 bulan, untuk dikategorikan siap untuk dijualnya. Pasaran harga ikan yang dijual berkisar ratusan ribu hingga jutaan, tergantung dari kualitas dan jenis ikan itu sendiri.

Selain untuk budidaya, Stevanus juga pernah mengikuti pagelaran kontes ikan, kontes pertama kali diikutinya pada tahun 2005 bertempat di Hotel Grand Preanger, Bandung. Jenis ikan yang Di ikut sertakan yakni Oranda, Di kontes tersebut beliau meraih juara ke dua.

Baca Juga  Konsumen Motor Honda Dimudahkan Dengan Virtual Greeter

(Adin/Fajri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − nineteen =