Kehadiran Kader JKN Sangat Membantu BPJS Kesehatan Dalam mengumpulkan Iuran

3

TM PalembangKader JKN merupakan salah satu mitra BPJS Kesehatan yang direkrut dengan tujuan untuk menjaga kesinambungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kehadiran Kader JKN sangat membantu BPJS Kesehatan dalam mengumpulkan iuran, melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi serta membantu proses pendaftaran kepada masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS dengan mekanisme yang telah ditetapkan sesuai dengan prosedur pendaftaran.

 

Darsini (44th) seorang Ibu rumah tangga yang merupakan salah seorang Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Palembang menyampaikan rasa bahagianya telah bergabung menjadi Kader JKN dan hasil kerjanya diapresiasi oleh BPJS Kesehatan.

Menurut Darsini dengan menjadi Kader JKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dan negara untuk mendukung dan berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS.

 

Dia menceritakan, “selama menjadi Kader JKN merupakan suatu tantangan tersendiri. Darsini mengatakan Awal mula ia menjadi Kader JKN karena ia sering membantu masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Setelah ada kabar bahwa BPJS Kesehatan mencari Kader, saya lantas mengajukan lamaran ke BPJS Kesehatan Cabang Palembang, dan Alhamdulillah setelah di lakukan wawancara saya di terima menjadi Kader JKN,” ujarnya.

 

“Tak jarang saya menerima perlakuan yang kurang baik terutama saat mengingatkan peserta untuk membayar iuran JKN KIS. Namun, perlakuan itu saya tepis karena maksud kunjungan saya baik yaitu mengingatkan mereka agar jangan sampai terlambat membayar iuran JKN KIS agar kartu JKN-KIS tetap aktif sehingga dapat sewaktu-waktu digunakan ketika sakit. Alhamdulillah, tak sedikit yang pada akhirnya masyarakat dan peserta yang menyadari pentingnya Program JKN KIS sehingga mau membayar tunggakan iuran JKN KIS mereka,” tuturnya.

 

Baca Juga  Polda Banten Tinjau Pelaksanaan Pilkades di Wilkum Polsek Cisoka

Selama menjadi kader JKN kami diberikan motivasi dan strategi untuk meningkatkan capaian dalam pengumpulan iuran, selain itu terhadap kinerja kami juga dilakukan monitoring dan evaluasi, kata Darsi.

Adapun salah satu strategi yang dilakukan adalah fokus pada daerah binaan, melakukan sosialisasi dan memberikan informasi tentang Program JKN-KIS kepada peserta dan sebagai Kader JKN saya selalu siap membantu peserta.

 

“Program JKN KIS ini sangat besar manfaatnya, saya berharap semoga Program ini dapat terus berlangsung diiringi dengan perbaikan-perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang saat ini sudah baik. Disamping itu, Fasilitas Kesehatan selaku penyedia layanan kesehatan agar selalu mengutamakan kepentingan peserta dan selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik,” pungkasnya.

( Ocha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven − 4 =