Jakarta Utara Ikuti Pencanangan HUT DKI dari Proyek Pembangunan Kampung Susun Akuarium

6
Wali Kota Administrasi Jakarta Utara IAli Maulana Hakim kuti Pencanangan HUT DKI dari Proyek Pembangunan Kampung Susun Akuarium,
TM Jakarta Utara – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara mengikuti rangkaian pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI ke-494 secara daring di proyek pembangunan Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Senin (24/05/2021).
Lokasi ini dipilih karena dinilai mencerminkan ‘Jakarta Bangkit’ sesuai dengan tema acara tersebut.
Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, kebangkitan kota Jakarta khususnya Jakarta Utara salah satunya berada pada Kampung Susun Akuarium. Kampung ini mampu mewujudkan kekuatan kolaborasi Kota Jakarta antara pemerintah, warga dan pemangku kepentingan lainnya.

“Untuk Jakarta Utara kita pilih lokasi pencanangannya di Kampung Susun Akuarium. Lokasi ini sebagai apresiasi, menunjukkan Jakarta bangkit, kebangkitan itu ada di Kampung Akuarium ini,” kata Walikota saat ditemui di proyek pembangunan Kampung Susun Akuarium, Senin (24/05/2021).
Kampung Susun Akuarium ini, dinilai Ali sebagai suatu konsep penataan kampung. Kearifan lokal dikedepankan agar pembangunan sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat.
“Ini merupakan suatu konsep penataan kampung, bukan memindahkan tapi merapikan kampung. Jadi lebih kepada mengakomodir kearifan lokal. Pembangunan dan penataan kampung juga disesuaikan apa yang ingin disampaikan warga setempat,” jelasnya.
Ali Maulana Hakim kembali menuturkan, Kampung Susun Akuarium ini berpotensi sebagai lokasi wisata yang dapat meningkatkan perekonomian warga. 
Apalagi area kampung ini didukung dengan banyaknya jejak bangunan peninggalan bangsa Indonesia dan Belanda diantaranya Gudang Rempah-Rempah, Museum Bahari, Menara Miring Syahbandar, Bangunan Pasar Heksagonal, Masjid Keramat Luar Batang, Galangan Kapal VOC, Pelabuhan dan Mercusuar Sunda Kelapa dan sejumlah bangunan kuno lainnya.
“Sejak awal Pak Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memang akan mulai merapikan kota di pesisir Jakarta. Kampung Akuarium ini satu bagian area wisata yang dulu namanya Kota Batavia, banyak sejarah di sini,” tuturnya.
Ketua Rukun Tetangga (RT) 12/04 Kampung Akuarium Topas Juanda mengakui konsep Jakarta sebagai kota kolaborasi benar-benar terjadi pada pembangunan Kampung Susun Akuarium ini mulai dari pembangunan hunian sementara atau shelter, musala, hingga bangunan setinggi lima lantai yang hingga kini masih dalam proses pengerjaan. 

Kolaborasi ini tentunya mengedepankan buah pikir antara pemerintah, warga, dan pemangku kepentingan lainnya sehingga konsep pembangunan berjalan sesuai harapan 
“Kami (warga) sangat senang dengan konsep kolaborasi ini. Semua kegiatan pembangunan terkonsep dari warga untuk warga,” ungkap Topas Juanda.
Masih di lokasi yang sama, Site Manager PT Surya Bangun Persada Indah Dudy Altha Prasetya optimis pembangunan Blok B dan D Kampung Susun Akuarium rampung pada Agustus 2021 mendatang. 
Proses pembangunan Kampung Susun ini juga melibatkan warga sebagai pengawas pembangunan sehingga pembangunan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.
“Kami optimis pembangunan ini rampung pada Agustus 2021 mendatang,” tutupnya.
(KJU/Bsih)

Baca Juga  KNPI Sumsel Bersatu, Wagub : Jangan Kedepankan Kepentingan Pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 4 =