Vaksinasi Massal, Warga Brebes Serbu Islamic Center

25
Kapolres Brebes tinjau vaksinasi massal dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 (Foto/Hartadi)
TM Brebes – Ribuan Warga menyerbu Islamic Center Brebes untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, gratis. Lebih dari 1.500 warga sangat antusias sehingga jajaran Kepolisian Resor (Polres) Brebes harus sigap menertibkan serta membatasi warga yang ingin divaksin agar tidak terjadi kerumunan.
Vaksinasi masal mendapat pantauan langsung dari Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH beserta jajaran Forkopimda, di Islamic Center Brebes, Sabtu (26/6).
“Program vaksinasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara ini, sudah berlangsung sejak Selasa kemarin dan hari ini terakhir, warga pun banyak berdatangan,” ucap Idaa.
Terkait Brebes zona merah, kata Idza, Pemkab Brebes bersama TNI, Polri serta elemen masyarakat terus melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan (prokes) agar kembali ke zona hijau. Dia juga mengimbau kepada camat sampai kepala desa untuk meningkatkan kedisiplinan prokes bagi warganya.
“Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro harus dimaksimalkan, warga yang perlu isolasi maupun dirawat juga harus dilakukan secara benar,” tandasnya.
Lanjut Idza, terpenting penerapan 5 M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi. Sedangkan sasaran vaksinasi diantaranya pelayan publik, tenaga pendidik dan lansia didorong penuh untuk vaksin.
“Intensitas kegiatan di Pemda juga kita kurangi, sehingga penyebaran Covid 19 dapat dikendalikan, termasuk tempat wisata,” pungkasnya.
Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto menyampaikan, sasaran vaksinasi hari ini 1.500 warga. Vaksin masih terpenuhi dan disebar ke puskesmas-puskesmas untuk warga yang tidak ikut vaksinasi. Bila stok vaksin menipis akan berkoordinasi dengan Menkes atau provinsi.
“Mengantisipasi bila kekurangan vaksinator, kami akan bersurat meminta bantuan vaksinator dari Mabes Polri,” terangnya.
Menurut Faisal, vaksinasi sebagian upaya dari pencegahan. Obat paling ampuh saat ini yaitu pengetatan prokes dan penerapan 5 M yang disiplin.
Vaksinasi tersebut merupakan program nasional TNI-Polri sehari satu juta orang, serentak di 34 wilayah Polda dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 75.
Turut hadir Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Dandim 0713/Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan serta OPD Brebes. (Hartadi/*)

Baca Juga  Sidak Jelang Idul Adha, Pak Uu Apresiasi Pasar Hewan Kurban di Cimahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 7 =