Menpora Zainudin Amali, Kukuhkan Kontingen Olimpiade Indonesia.

6
Meneteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Foto/Frans)
TM Jakarta – Acara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 pagi (8/7/2021) ini digelar secara virtual oleh Komite Olimpiade Indonesia. Acara dihadiri pimpinan cabang olahraga yang meloloskan atlitnya menuju olimpiade musim panas Tokyo yang akan berlangsung 25Juli-8 Agustus 2021.
Selain 8 pimpinan cabang olahraga yang meloloskan atlitnya ke olimpiade, tampak hadir dalam acara pengukuhan tersebut, Sekmen Kemnenpora Gatot Dewa Brata, Deputy IV Kemenpora, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Ketua KONI Pusat Letjen TNI (P) Marciano Norman dan 28 atlit dan Official tim yang akan mewakili Indonesia di pesta olahraga empat multi event yang diselenggarakan pertama kalinya di masa pandemic.
Kontingen yang baru dikukuhkan Menpora pagi ini akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo siang ini pukul 11.00 WIB dari Istana Negara. Pelepasan atlet ke Olimpiade Tokyo 2020 terpaksa dilakukan secara virtual karena adanya kebijakan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat yang diberlakukan pemerintah pada 3-20 Juli 2021.
Sudah menjadi tradisi kenegaraan, bahwa Presiden akan melepaskan duta olahraga Indonesia yang akan terjun diajang internasional, baik untuk ajang SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade. Namun, tingginya jumlah kasus Covid-19 saat ini dinilai terlalu sulit untuk tetap melaksanakan tradisi tersebut karena berpotensi menimbulkan kerumunan.
Meski digelar virtual, acara ini diharapkan tidak mengurangi esensi dari dukungan kepala negara terhadap para atlet yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo. Perpani sendiri akan menurunkan 4 atlit Panahan yang akan turun di 4 nomor yaitu perorangan putra dan putri, beregu putra dan beregu campuran.
“Kami berharap bisa mengulangi sejarah Olimpiade Seoul tapi kali ini kita berharap bisa melebihi capaian tersebut,” tegas Maneger Tim Nasional Panahan Ikhsan Ingratubun,SE,SH.
Ketua Umum PB Perpani, Illiza Sa’duddin Djamal,SE yang hadir pada kesempatan itu turut menegaskan apa yang disampaikan TM Perpani Ikhsan. Perpani menargetkan emas sebagai kado kemerdekaan RI nanti. Untuk itu saya mohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia, tegas anggota Komisi X DPR RI asal Aceh.
Dalam laporannya Chief de Mission (CdM) Rosan P.Roeslani, Indonesia akan mengiku 8 cabang yaitu bulu tangkis, atletik, panahan, menembak, dayung, angkat besi, selancar, dan renang, dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan. Jumlah ini telah memenuhi target yang ditetapkan yaitu 26 orang, dan ini merupakan jumlah yang sama pada kontingan Indonesia pada olimpiade Rio de Janeiro Brasil, tahun 2016.
Lanjut Rosan P.Roeslani, keberangkatan tim Indonesia akan dibagi 3 gelombang, diawali dengan keberangkatan tim bulutangkis yang akan betolak pada Kamis (8/7/2021). Bulutangkis akan melakukan pemusatan latihan di Prefektur Kumamoto sebelum turun di arena olimpiade di Musashino Forest Sport Plaza pada 24 Juli-2 Agustus 2021.
Rombongan kedua tanggal 16 Juli terdiri dari, dayung, panahan, renang, selancar, angkat besi, menembak. Rombongan ketiga yang terdiri dari tim official berangkat tanggal 23 Juli dan disusul tim atletik tanggal 24 Juli.
“Mengingat protokol Kesehatan yang sangat ketat, untuk itu semua atlit dan official telah melaksanakan vaksinasi dan akan melakukan test PCR selam 7 hari sebelum keberangkatan,” tegas calon Dubes Amerika dihadapan Menpora dan seluruh hadirin yang hadir.
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari mengharapkan 28 atlit terbaik ini mampu memberikan kado terbaik disaat RI merayakan hari ulang tahun 17 agustus 2021 nanti. Okto berharap 28 atlit Indonesia mampu mendengungkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di negeri Sakura.
Diakhir sambutannya Okto meminta agar Menteri Pemuda dan Olah Raga Dr.Zainudi Amali untuk mengukuhkan Kontingen Indonesia yang akan diberangkatkan ke Olimpiade XXXII Tokyo 2020.
Berikut daftar 28 atlet Indonesia yang akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020:
Bulu Tangkis 1. Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) 2. Jonatan Christie (tunggal putra) 3. Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri) 4. Greysia Polii (ganda putri) 5. Apriyani Rahayu (ganda putri) 6. Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra) 7. Marcus Ferlandi Gideon (ganda putra) 8. Mohammad Ahsan (ganda putra) 9. Hendra Setiawan (ganda putra) 10. Praveen Jordan (ganda campuran) 11. Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran) Atletik 12. Lalu Muhammad Zohri (100 m putra) 13. Alvin Tehupeiory (100 m putri – wildcard) Panahan 14. Diananda Chairunisa (recurve perorangan putri) 15. Riau Ega Salsabila (recurve perorangan dan beregu putra) 16. Aried Dwi Pangestu (recurve beregu) 17. Bagas Prastayadi (recurve beregu) Menembak 18. Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (10m air rifle) Dayung 19. Mutiara Rahma Putri (lightweight women double) 20. Melani Putri (ligtweight women double) Selancar 21. Rio Waida (man shortboard) Angkat Besi 22. Eko Yuli Irawan (61 kg putra) 23. Denin (67 kg putra) 24. Rahmat Erwin Abdullah (73 kg putra) 25. Windy Cantika Aisah (49 kg putri) 26. Nurul Akmal (+87 kg putri) Renang 27. Aflah Fadlan Prawira (wildcard) 28. Azzahra Permatahani (wildcard).
(Frans)

Baca Juga  Lakukan Kunker ke Lampung, Wapres K.H. Ma'ruf Amin Disambut Gubernur Arinal beserta Jajaran Forkopimda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 7 =