Diduga, Dana BOS di SDN Alue Labu Tadu Raya Dikelola Sendiri Oleh Oknum Kepsek

1574
SDN Alue Labu Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan, Aceh (Foto/SAP)
TM Nagan Raya – Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SDN Alue Labu Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya diduga dikelola sendiri oleh Kepala Sekolah (Kepsek), sehingga ditemukan indikasi penyimpangan dan penyalah gunaan wewenang.
Wawancara dilakukan media TabloidMantab.com dengan beberapa guru serta laporan dari beberapa sumber terpercaya diwilayah Tadu Raya, diduga dana BOS Reguler dan BOS Afirmasi disinyalir dikelola tunggal oleh Kepsek bernama Ernawati, S. Pd.
Pengakuan dari para Dewan Guru SDN Alue Labu yang diwawancarai awak media ini mengatakan, kalau dana BOS semua guru tahu disekolah SDN Alue Labu ada, termasuk BOS Afirmasi Rp.60 juta pada tahun 2020.
“Sementara BOS Reguler setiap tahunnya ada untuk sekolah tempat kami bertugas ini. Kalau realisasinya itu urusan Kepsek, kami hanya mengetahui apa yang terlihat saja diadakan dari sumber dana tersebut,” ujar para guru SDN Alue Labu, Selasa (14/9).
Diruang Kantor SDN Alue Labu awak media, para guru menyebutkan realisasi dana BOS Afirmasi seperti, rehabilitasi pagar sekolah, Pengadaan Sumur Bor, Cat 2 Ruang Kelas Belajar (RKB), kami tidak tahu berapa pos alokasi anggarannya diplot.
Sementara untuk dana BOS Reguler beli Tape untuk senam, dispensher, sendok, gelas dan peralatan dapur lainnya, tahap kedua ada beli 1 unit Laptop, dan perbaikan papan nama sekolah.
“Untuk gaji guru Wiyata Bhakti diberikan terkadang cuma Rp.100.000-Rp.150.000 saja, tidak dihitung per bulannya diberikan,” kata mereka, Selasa (14/9).

Baca Juga  Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × one =