Polda Kalbar Gelar Operasi PETI, Baru Satu Orang Terciduk Di Bengkayang

3014
Polda Kalbar berhasil amankan satu terduga tersangka dalam operasi peti di Bengkayang (Foto/Hum)
TM Bengkayang – Dikarenakan banyaknya infomasi dari masyarakat yang mengeluhkan banyaknya Penambangan Emas Tanpa izin (PETI) yang sangat merusak alam dan lingkungan di Kalimantan Barat, sehingga Polda Kalbar laksanakan Operasi Peti Kapuas 2021 yang dimulai pada tanggal 7 dan akan dilaksanakan selama 14 hari.
Hari pertama pelaksanaan Operasi Peti Kapuas 2021, Polda Kalbar amankan satu orang beserta barang bukti kegiatan PETI, Jum’at (8/10).
Tim Satgas Tindak Operasi PETI Kapuas 2021 yang dipimpin oleh Kompol Supriyadi berangkat dari Mapolda Kalbar menuju Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih empat jam, tim sampai di lokasi dan menemukan kegiatan PETI yang berada di Dusun Tanjung Gundul Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.
Tim langsung melakukan penyergapan terkait kegiatan PETI tersebut.
“Tim berhasil menemukan lokasi PETI di Tanjung Gundul dan mengamankan satu orang pelaku peti beserta satu set mesin dongfeng yang digunakan oleh untuk melakukan kegiatan PETI di lokasi tersebut,” ujar Supriyadi.
Saat ini pelaku berinisial MA beserta barang bukti telah diamankan di Mapolda Kalbar guna proses lebih lanjut.
Hingga saat ini tim masih terus bekerja, mencari lokasi lokasi penambangan emas ilegal di wilayah Kalbar yang dapat merusak ekosistem dan sangat berdampak pada kerusakan alam ini.
Penindakan pelaku PETI berdasarkan peraturan Perundang-undangan yang berlaku, dimana setiap orang yang melakukan penambangan tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam pasal 35 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000.000 (seratus miliar rupiah) sebagaimana dimaksud dalam pasal 158 Undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan Batu bara. (Edy/Hum)

Baca Juga  Kehadiran Anggota DPD RI Beserta Atraksi Debus Jadi Saksi Pelantikan PW MIO Banten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 2 =