Sidang PETI, Saksi Ungkap 6,5 juta Untuk Desa Dan 15 juta Untuk Keamanan, Perbulan

7167
Penasehat Hukum (PH) Terdakwa Sunarto, Khondori Syamlawi menuturkan bahwa keterangan yang disampaikan saksi yakni Rian dan Ikbaludin di persidangan itu sudah benar.
“Kalau memang untuk penegakan hukum itu harus adil, maka semua yang melakukan pelanggaran di lokasi PETI tersebut harus ditangkap,” tegasnya.
Khondori mengatakan, begitu juga dengan adanya pungutan liar yang terjadi di Beringin Jaya Bunut Hulu tersebut harus ditertibkan.
“Jangan tebang pilih, karena tebang pilihnya sudah kelihatan. Saya melihat dalam kasus ini seperti ada sentimen tersendiri,” cetus Khondori.
Arin Julianto, JPU Kejari Kapuas Hulu menyampaikan, ucapan terima kasih kepada saksi Ikbaludin dan Badong yang akhirnya datang juga.
“Syukurlah mereka berdua ini sudah datang pada panggilan ketiga, paling tidak bisa mempercepat perkara ini,” ucapnya.
Arin mengatakan dalam persidangan tadi memang antara keterangan saksi dengan BAP itu berbeda. Maka sesuai petunjuk hakim, untuk minggu depan diperintahkan untuk menghadirkan saksi verbal lisan yakni penyidik Polres Kapuas Hulu yang melakukan pemeriksaan.
“Ini untuk mengkonfirmasi keterangan saksi yang berbeda dengan BAP,” ucap Arin.
Sementara Crista Yulianta Prabandana Humas, Pengadilan Negeri Putussibau menyampaikan hari ini ada sidang terkait Minerba.
“Jadi hari ini itu agendanya pemeriksaan dua orang saksi. Dan ini ditunda hingga tanggal 19 Oktober 2021,” ucapnya.
Jadi untuk 19 Oktober 2021 itu, kata Crista, ada sidang lagi dengan memanggil saksi verbal lisan dari penyidik untuk mengkonfirmasi adanya perbedaan keterangan dari dua orang saksi dengan di BAP dalam persidangan tadi.
Dalam sidang tersebut dipimpin Ketua Majelis Hakim Didik Nursetiawan dengan didampingi Radityo Muhammad Harseno dan Maria Adinta Krispadani. Sementara dari Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu dihadiri Arin Julianto sebagai JPU. (Edy Rahman/*)

Baca Juga  Tokoh Pendongeng Kak Haris Bangkitkan Kreativitas Anak Di Tengah Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × three =