SMKN 1 Palembang Terapkan Terobosan Pembelajaran Berbasis Proyek Industri

9
Kepala SMKN 1 Palembang H Suparman SPd. (Foto/Ocha)
TM Palembang – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendorong SMK agar menerapkan kurikulum berbasis Project Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek.
Kepala SMKN 1 Palembang H Suparman SPd mengatakan, sinkronisasi kurikulum merupakan standar industri dan dunia kerja program dari Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal pendidikan Vokasi, program pendidikan vokasional termasuk SMK, yang mana kurikulumnya menyesuaikan dengan Standar Industri.
“Jadi mata pelajaran di sekolah vokasi akan di dominasi oleh mata pelajaran terapan. Kita mengikuti apa kebutuhan dunia industri, bukan mengikuti apa keinginan kurikulum. Apalagi SMKN 1 Palembang termasuk SMK Pusat Keunggulan,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Senin (18/10/2021).
Suparman menuturkan, itu agar siswa SMK tidak menghabiskan waktu dan tenaga belajar di SMK untuk ilmu yang tidak akan digunakan saat kelulusan nanti.
“Kita minta dunia industri mengajarkan ke anak-anak kita apa saja yang harus diketahui oleh siswa jika bekerja di perusahaan mereka. Jadi setelah tamat mereka bisa bekerja di dunia industri tersebut,” katanya.

Baca Juga  Pemerintah Perlu Siapkan Skenario Hadapi Lonjakan Covid-19 di Luar Jawa-Bali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =