TPS Liar di Jalan Raya Jonggol Diduga Terbiarkan oleh Petugas Pengangkut Sampah

55
Tampak tumpukan sampah liar di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang ada di jalan raya Jonggol, Kabupaten Bogor. (Foto/Rendy)
TM Kab Bogor – Tumpukan sampah liar kerap di dapati di jalan raya Jonggol Kabupaten Bogor. Terdapat beberapa titik dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar oleh oknum tidak bertanggung jawab.
Ditelusuri awak media, didapati TPS Liar dengan tumpukan sampah yang patut diduga sudah lama tidak diangkut oleh petugas pengangkut sampah.
TPS liar yang ada di jalan raya Jonggol, Kabupaten Bogor
Ujang, salah satu pedagang yang letak warung nya tepat didepan tumpukan sampah membenarkan hal tersebut dan mengeluhkan keberadaan tumpukan-tumpukan sampah liar di TPS tersebut.
“Kemarin banjir disini, dan itu sampah dari tumpukan yang ada di TPS berceceran sampai ke jalan raya. Sedihnya, sebagian sampah sudah masuk ke lahan sawah milik warga,” ucap ujang saat mengeluhkan banyaknya tumpukan sampah kepada awak media di warung nya, pada Selasa (19/10)
Lokasi di perbatasan desa Sukamaju dengan desa Jonggol menjadi salah satu imbas tertumpuknya sampah liar yang terbawa genangan air dari TPS Liar pada Senin (18/10)
Letak TPS liar yang persis di dekat aliran kali dan sawah milik warga, harusnya menjadi perhatian serius oleh pihak UPT PS Wil II Jonggol untuk mengutamakan kegiatan Operasi Kebersihan (Opsi) di wilayah tersebut.
Belum lagi TPS liar yang persis ada di sebelah jembatan Cikarang, di Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol. Di titik itu, kondisinya lebih memprihatinkan, selain bau menyengat yang hampir seperti bau bangkai, tumpukan sampah di TPS liar itu rentan terbawa aliran sungai yang persis ada di sampingnya.
TPS liar di jembatan Cikarang, di Jalan raya Bogor persis didekat aliran sungai.
Salah satu petugas pengangkut sampah dari UPT PS Wil II Jonggol yang berhasil ditemui awak media saat sedang mengangkut sampah berbayar ke truk sampah nya mengatakan, kalau pihak UPT rutin melakukan Opsi sampah liar. “Opsi hampir setiap hari kok pak,” ungkap X salah satu petugas LH.
TPS liar di jembatan Cikarang, di Jalan raya Bogor persis didekat aliran sungai.
Disaat disinggung kenapa wilayah-wilayah yang didapati awak media terdapat tumpukan sampah liar tidak terangkut ? petugas tersebut mengarahkan awak media untuk menanyakan langsung ke kantor UPT.
“Silahkan ke kantor saja pak, kalau saya cuma kuli dan ikuti arahan atasan saja pak,” ucapnya.
Guna mendapat keterangan, awak media coba mendatangi kantor UPT PS Wil II Jonggol. Sesampainya di kantor, sayangnya awak media hanya bisa diterima oleh salah satu staf UPT.
“Kepala UPT Pak Iwan sedang cuti, dan Kabag TU Pak Entis sedang ke dinas,” ucap salah satu staf.
Tampak kondisi halaman Kantor UPT PS Wil II Jonggol
Lalu disaat awak media mencoba meminta keterangan dari salah satu pengawas yang biasa mengawasi proses pengangkutan sampah. Staf tersebut kembali mengatakan, “Maaf pak, pengawas juga tidak ada yang bisa menemui, sudah saya tanyakan,” terangnya.
Hingga berita ini ditayangkan, pesan singkat juga telah dikirimkan ke Kepala UPT PS Wil II Jonggol, Iwan Junior dan Kabag TU UPT namun belum juga mendapat respon. Guna mendapat keterangan lebih lanjut dan memberikan info temuan ini, awak media akan mendatangi Dinas LH Kabupaten Bogor di Jl Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. (Rendy)

Baca Juga  Vaksin Covid-19 dari Biofarma Telah Tiba di Lampung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 1 =