KPAI Apresiasi BPOM dan Dorong Kemenkes Percepat Vaksin Anak Usia 6 – 11 Tahun

14
Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan (Foto/Dok Red)
TM Depok – Pandemi COVID-19 berdampak luas terhadap perkembangan anak dalam hal kesehatan (fisik dan mental), aspek sosial, dan juga pendidikan. Indonesia merupakan negara dengan jumlah usia anak yang cukup besar.
Pada Juni 2021 pada saat tingkat infeksi COVID-19 cukup tinggi di Indonesia ternyata kelompok anak yang terinfeksi cukup banyak, yaitu mencapai 2,9% untuk usia 0-5 tahun dan 10% untuk usia 6-18 tahun.
Sejumlah Negara yang mengalami penurunan kasus, bahkan sampai zero kasus, ternyata saat ini naik kembali kasus yang terinfeksi covid-19, kondisi tersebut mungkin sekali akan dialami juga oleh Indonesia.
Oleh karena itu, sangat penting menciptakan sistem pelayanan kesehatan yang dapat mengantisipasi kemungkinan bertambahnya kasus COVID-19 pada anak, termasuk perlunya vaksinasi untuk usia anak.
Hal itu diutarakan oleh Retno Listyarti, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan melalui keterangan rilisnya, Sabtu (6/11)

“KPAI menyambut positif ijin penggunaan vaksin sinovac untuk anak usia 6-11 tahun oleh BPOM. KPAI juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi atas kerja keras BPOM dan para ahlinya yang akhirnya memberikan ijin penggunaan vaksin sinovac untuk diberikan pada anak usia 6-11 tahun,” urainya.

Retno menambahkan. ”KPAI sangat berterimakasih pada kepedulian BPOM untuk melindungi anak-anak Indonesia melalui pemberian ijin vaksinasi anak, Apalagi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah digelar hampir di seluruh daerah yang sudah memasuki level PPKM 1-3. Padahal, pembukaan sekolah tatap muka secara bertahap akan menjadikan anak juga berpotensi pembawa virus COVID-19 setelah beraktivitas di luar rumah dan menularkannya kepada orang lain”.
“Hal ini menjadi kekhawatiran dan harus menjadi perhatian bersama,” pungkasnya. (Rendy)

Baca Juga  Momen Keakraban Kapolres Pekalongan Dengan Anak-Anak Panti Asuhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + twenty =