Gubenur Sumsel Operasi Pasar untuk stabilkan Harga Pokok

15
Gubernur Sumsel Herman Deru saat sidak harga sembako di pasar alang-alang Palembang (Foto/Robin)
TM PalembangPengendalian harga bahan pokok penting terus menjadi perhatian pemerintah. Segala upaya terus dilakukan agar harga kebutuhan pokok penting tersebut tetap stabil.

Salah satunya dengan menggelar operasi pasar untuk komoditi minyak goreng kemasan, beras dan gula bagi masyarakat. Dimana pada operasi pasar tersebut, dua komoditi itu dijual dengan harga terjangkau. Untuk minyak goreng dijual dengan harga Rp 14 ribu perliter dan beras medium dijual dengan harga Rp 9 ribu perkilo. Sementara gula pasir dijual dengan harga Rp 12.500 perkilo.


Gubernur Sumsel H Herman Deru saat meninjau langsung harga bahan pokok penting dan meresmikan penjualan perdana operasi pasar minyak goreng kemasan murah, beras medium dan gula pasir di pasar Alang-Alang Lebar Palembang, Rabu (12/1) pagi, mengatakan, upaya operasi pasar tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mengingatkan kepada produsen, khususnya produsen bahan pokok penting seperti minyak goreng, agar memprioritaskan kebutuhan dalam negeri sehingga tidak terjadinya gejolak harga.
“Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada seluruh produsen bahan pokok penting agar mengutamakan kepentingan dalam negeri, sehingga harga bahan pokok itu stabil. Contohnya minyak goreng. Kita ini menghasilkan CPO sangat banyak, tapi mengapa harga minyak goreng justru mahal. Sebab itu, cukupi kebutuhan dalam negeri sebelum mengekspor. Ini butuh kerjasama,” kata Herman Deru.

Menurutnya, jika kerjasama tersebut tersebut terjalin baik tentu gejolak harga bahan pokok yang membuat kegelisahan masyarakat tidak akan terjadi.


“Jika tidak ada oknum yang bermain, maka di situasi apapun gejolak harga tidak akan terjadi. Baik saat lebaran, natal, tahun baru dan situasi lainnya,” terangnya.

Baca Juga  UPTB Samsat Palembang IV Buka Pelayanan loket SIPEMIKAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − 1 =