Wednesday, November 30, 2022
HomeDaerahHikmah Jaga Silaturahmi, Berkahnya Mudah Rezeki dan Panjang Umur

Hikmah Jaga Silaturahmi, Berkahnya Mudah Rezeki dan Panjang Umur

TM CILILIN, KABUPATEN BANDUNG BARAT – Muslim dianjurkan untuk menjalin silaturahmi dengan sesama dan dilarang untuk memutus hubungan silaturahmi karena ada siksa kelak di akhirat.
Menyambung tali silaturahmi bisa dilakukan kapan saja. Tapi momen silaturahmi biasanya sangat terasa kuat di hari lebaran. Lebaran menjadi salah satu hari baik untuk mengunjungi sanak saudara, kerabat, teman, dan para tetangga untuk menjalin kembali hubungan persaudaraan.
Silaturahmi memiliki sejumlah keutamaan. Tak hanya dilakukan pada saat lebaran, dilakukan di luar lebaran pun berkahnya tetap luar biasa. Menjalin dan menyambung kembali hubungan baik bisa melipatgandakan kebaikan dan keberkahan.
Indahnya kebersamaan keluarga Deni Fahrudinm, keluarga Sofi dan keluarga Asep Ruslan (Foto/TM)
Anjuran untuk menjalin silaturahmi ini termaktub dalam Al Quran.
“Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Rabbnya dan takut kepada hisab yang buruk” (QS. Ar Ra’du: 21).
Berikut disampaikan beberapa keutamaan silaturahmi yang bisa kita dapatkan.
  1. Diluaskan Rezekinya dan Dipanjangkan Umurnya
“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari dan Muslim).
Dengan bersilaturahmi, kita bisa mendapat keutamaan untuk mendapatkan rezeki yang lebih luas. Mengunjungi anggota keluarga yang lebih tua dan dihormati bisa meningkatkan keharmonisan. Masih diberi kesempatan untuk bisa saling berkunjung dan mendoakan menjadi cara tersendiri untuk kita mensyukuri nikmat waktu dan usia yang masih kita miliki saat ini.
Simak Video “Indahnya Silaturahmi”

2. Menjaga Kerukunan
Mungkin sebelumnya kita punya salah dan belum sempat meminta maaf. Maka, dengan bersilaturahmi kita bisa meluruskan keadaan. Menyelesaikan masalah yang ada, saling memaafkan, dan bisa kembali rukun hidup berdampingan. Pertengkaran dan perselisihan yang ada pun bisa dicari jalan keluarnya bersama melalui momen silaturahmi ini.

- Advertisement -
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here