Turnamen Nusantara Open, Rebut Piala Prabowo dan Bea Siswa Berlatih di Klub Eropa

25
Duet Maneger Serena C. Francis dan Pelatih Maman Suryaman targetkan Rebut Piala Prabowo dan Bea Siswa Berlatih di Klub Eropa. (Foto/Frans)
TM Jakarta – Demi mewujudkan rencana besarnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan mengadakan Turnamen Sepakbola dengan title Nusantara Open 2022 dengan standard internasional game, melibatkan 16 Akademi Sepakbola dari elit pro Liga Indonesia seperti, Persija Jakarta, Persib Bandung, Borneo Kalimantan Tengah, PSM Makasar, PSS Sleman, dan Akademi terbaik lainnya, ditambah 3 daerah yang mendapat undangan khusus, Aceh, Maluku Utara dan NTT.
“Nusantara Open merupakan implementasi visi Prabowo Subianto untuk mencetak generasi emas pesepakbola Indonesia, dimana pada kejuaraan ini disamping memperebutkan Piala Prabowo Subianto, ajang ini untuk menjaring talenta muda terbaik (U-16), yang selanjutnya akan diberikan beasiswa berlatih di Akademi Nusantara miliknya”, tegas Aji Bintara Ketua Pelaksana Nusantara Open.
Dalam suatu kesempatan, Prabowo pernah menyampaikan impiannya usai pensiun dari Menteri Pertahanan, ia ingin mempunyai Klub Sepakbola, dan namanyapun sudah disiapkan, Nusantara United FC.
Sebelum memperkenalkan klub profesionalnya, Prabowo ternyata akan menyiapkan Akademi Nusantara sebagai wadah untuk membina pmain usia muda. Pemain-pemain yang nantinya direkrut oleh Akademi Nusantara merupakan pilihan langsung dari tim pelatih dan tim talent schouting yang sudah dibentuk pada Nusantara Open.
Turnamen yang akan diputar pada 16-31 Juli mendatang di Stadion Pakansari, Cibinong, disamping melibatkan Akademi terbaik di Indonesia, merupakan turnamen pertama yang menggunakan metode schouting terintegrasi menggunakan big data sepakbola.
Out put dari turnamen ini, pemain terbaik (top talent) akan mendapat bea siswa di Akademi Nusantara. Nantinya pemain tersebut akan di kirim berlatih di klub eropa selama 2-3 tahun. Di eropa kelak mereka akan ditangani pelatih, fasilitas, standar gizi, dan korikulum berstandar eropa. Pemain yang berada pada golden age (usia emas) ini dipersiapkan bagi generasi emas yang kelak akan menjadi tulang punggung PSSI.
Menurut Aji Bintara, pihaknya akan sinkronisasikan visi-misi Akademi Nusantara dengan visi-misi PSSI sebagai induk olahraga di Indonesia. Program ini diharapkan bisa menjadi kawah candradimuka golden age pesepakbola Indonesia 5-6 tahun ke depan.
Aji memastikan bahwa turnamen Nusantara Open disamping akan memperebutkan Piala Prabowo Subianto, dalam pembukaan nanti juga akan dilakukan seremoni khusus kick-off program Akademi Nusantara, yang merupakan Akademi Sepakbola bertaraf internasional, akan fokus membina para talenta muda yang potensial. Sebuah lompatan, agar sepakbola Indonesia, bisa berprestasi di kanca internasional.

Baca Juga  Opini : KIB dan Semut Merah Melebur Usung Satu Pasangan Balon Pilpres 2024, Lebih Strategis
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 7 =