Antisipasi Ancaman Terorisme, Perlunya Peran Aktif Masyarakat

13
Kegiatan peningkatan kapasitas dan kompetensi personil TNI-Polri dan instansi terkait dalam mendukung penanggulangan dan terorisme di wilayah kabupaten Cirebon. (Foto/Mahmud)
TM Kota Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., menyatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon perlu mengembangkan program masyarakat sebagai informan sebagai upaya antisipasi dan penanggulangan terorisme.
Pernyataan itu disampaikan Azis dalam sambutannya pada kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi personil TNI/Polri dan instansi terkait dalam rangka mendukung penanggulangan terorisme di wilayah Cirebon, Rabu (22/6/2022), di Hotel Prima Kota Cirebon.
Azis meminta perangkat daerah terkait, seperti Kesbangpol, untuk membangun sebuah jaringan agar masyarakat menjadi intelijen pemerintah. Bisa memberi informasi kepada pemerintah apabila ada hal yang dicurigai dan perlu ditangani.
“Karena semua persoalan ada di lingkungan masyarakat. Jadi, perlu peran aktif masyarakat. Misalnya menjadi sumber informasi untuk pemerintah, khususnya terkait penanggulangan terorisme,” jelasnya.
Namun sebagai langkah awal, kata Azis, pemerintah perlu memberi kepercayaan kepada masyarakat dan begitupun sebaliknya. “Itu langkah awal, Kesbangpol bisa koordinasi dengan camat, lurah hingga RT/RW,” ujarnya.
Selain itu, tambah Azis, pelayanan kepada masyarakat juga perlu ditingkatkan, agar masyarakat semakin memiliki tanggung jawab atas keamanan, kenyamanan dan kerukunan di lingkungannya.
“Jangan sampai urusan terorisme itu hanya BNPT dan Densus 88. Tapi masyarakat juga punya andil dan tanggung jawab. Tapi semua dimulai dari pemerintah terlebih dahulu,” tuturnya.

Baca Juga  Sukseskan P4GN, Seluruh Petugas Lapas Binjai Jalani Tes Urine
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × three =