Wednesday, November 30, 2022
HomeHiburanPernikahan Silvinawati dan Muhammad Nazhif Berlangsung Penuh Antusias

Pernikahan Silvinawati dan Muhammad Nazhif Berlangsung Penuh Antusias

TM Padang Pariaman – Pernikahan Silvinawati dan Muhammad Nazhif berlangsung penuh antusias meriah dengan penuh kebahagiaan. Putri ke 7 dari Pasangan bapak Saruman/Rosna alias Pik One, sedangkan mempelai Pria Muhammad Nazhif bin S. Aripin/Zaibedah berasal dari Negara bagian Negeri 9 Kerajaan Malaysia.

Dalam Resepsi Pernikahan, pengantin wanita tak luput dientik dengan namanya malam berinai. Dalam arti berinai adalah malam terakhir bagi calon pengantin wanita Minangkabau yang merasakan kebebasan sebagai wanita lajang. Secara harfiah, bainai berarti berinai atau memakai inai pada kuku mempelai wanita.

Ini lah cara Pesta pernikahan nak Daro dalam bahasa Minangkabau tertuju kepada sebutan mempelai wanita .Acara ini berlangsung dengan hadirnya pemuka adat ,Ninik Mamak,Urang tuo-tuo, Alim Ulama, serta pihak keluarga besar mempelai wanita dan di ketahui warga masyarakat setempat.
Acara di selenggarakan 5 hari berturut-turut dari tanggal 29 Juni hingga 3 Juli 2022.
Namun, di hari nan khusus untuk Resepsi tepat pada 2 Juli dan 3 Juli. Acara bertempat di Korong/ Desa Paguh Dalam, Dusun ll Kampung Sudut, Kenagarian /Kelurahan Kurai Taji, Kecamatan Nansabaris, Kabupaten Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat. (Minggu 3 Juli 2022).
Sebelum acara resepsi di lakukan ada beberapa tata cara Hal yang harus di tempuh sesuai tradisi Adat Minangkabau.Yaitu Diantaranya :
– MARASEK adalah tahapan pertama yang dilakukan yaitu. Pihak keluarga perempuan akan mendatangi pihak keluarga laki-laki.
– MANIMANG dan BATIMBANG TANDO
Tahapan ini dilakukan oleh pihak keluarga perempuan untuk meminang calon laki-laki. Apabila diterima mereka akan melakukan batimbang tando atau bertukar simbol sebagai pengikat perjanjian .
– MAHANTA SIRIH adalah di mana mempelai meminta izin atau memohon doa restu kepada mamak-mamaknya, saudara ayah, kakak yang telah berkeluarga dan sesepuh yang dihormati.
– BABAKO – BABAKI Acara ini akan diadakan beberapa hari sebelum acara akad nikah berlangsung. Bako berarti pihak keluarga dari ayah calon mempelai perempuan.
– BAINI menjadi ritual untuk melekatkan tumbukan daun pacar merah (daun inai) di kuku calon penganti.
– MANJAPUIK MARAPULAI Prosesinya bermula dari calon pengantin laki-laki dijemput dan dibawa ke rumah calon pengantin perempuan untuk melangsungkan akad nikah.
– BADANTAM merupakan sebuah tradisi yang bertujuan untuk mengumpulkan dana. Pada tradisi itu, orang-orang berlomba dan bersaing untuk memberikan sumbangan sebanyak-banyaknya, misalnya momentum pesta perkawinan atau alek kawin,
– PENYAMBUTAN DI RUMAH ANAK DARO merupakan momen meriah dan besar. Dilatari bunyi musik tradisional adat Minangkau dari keluarga mempelai perempuan menyambut kedatangan mempelai laki-laki.
– AKAD NIKAH dilangsungkan sesuai syariat agama Islam. Diawali dengan pembacaan ayat suci, ijab kabul, nasihat perkawinan dan doa.
– GANDANG TAMBUA merupakan musik pengiring dalam mangarak pengantin pada manjapuik marapulai (menjemput pengantin pria), untuk di sambut .
– BERSANDIANG DI PELAMINAN maka kedua pengantin akan bersanding di rumah anak Daro menanti tamu yang hadir dan diwarnai alunan musik.
Di pelaminan, tampak jelas Silvina dan Muhammad Nazhif seperti bak Ratu dan Raja saat Resepsi Pernikahan berlangsung semarak antusias meriah.
Terlihat mempelai wanita yang bernama Silvina atau dengan sebutan akrab Vina, dan mempelai Pria Muhammad Nazhif bin S. Aripin merasa bahagia bersanding di pelaminan memakai gaun yang menggunakan adat Minangkabau, dengan mengenakan sunting berhias di bagian kepala penuh mahkota, serta berbusana hiasan berwarna pernak – pernik ke emasan yang melekat.
Saat di wawancara Awak media, Vina menyatakan dengan bijaksana. Karena Pernikahan ini bukanlah hanya sekadar perayaan pesta yang mewah. Namun, pernikahan sebagai pengikat janji suci dua orang untuk bersama-sama membangun rumah tangga yang harmonis menjadikan Sakina,Mawadah dan Warohmah.
Untuk itu ,”Walau bagaimanapun, saya tetaplah menjadi anak Ayah dan Amak, serta tetap menjadi adik dari kakak- kakak saya. Karena, bagaimana pun itu saya masih membutuhkan nasehat dan arahan dari kalian semua, apabila ada tingkah laku saya yang salah baik sekarang mau pun untuk kedepannya, “tutur Vina.
Kembali Vina menerangkan, “Ia dan Muhammad Nazhif bin S. Aripin Mohon doa restu kepada semua sanak Famili, keluarga besar , juga kepada warga Desa Paguh Dalam dan tamu yang hadir di Resepsi Pernikahan ini,” beber Vina .
Dengan rasa terharu, Tak luput Vina menyatakan berterimakasih kepada Ayah dan Amak, yang selama ini telah membesarkan nya, dan saudara laki – laki serta saudara Perempuan, juga kepada Adik laki – laki nya yang selama ini sudah mensupport, mendukung dari segala hal dalam berbentuk apa pun juga.
Masih di lokasi yang sama, ditempat terpisah, kedua orang Vina mengucapkan Alhamdulillah puji syukur atas kebesaran Allah SWT dengan kelancaran semuanya acara resepsi pernikahan ini, karena acara berjalan dengan sukses dan tak ada halangan maupun rintangan. Amin amin Ya rabbal Al-Amin.
“Untuk Vina dan Muhammad Nazhif bin S. Aripin Semoga Allah SWT menyempurnakan keinginan kalian berdua, menjadikan pasangan Sakina,Mawadah dan Warohmah. Barakallahu lakum wa baraka alaikum.ā€¯Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas keberkahan ini, “ucapan doa dari kedua orang tua Vina menyampaikan.
Dari Kabupaten Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat Team Media Melaporkan.
(Eric Vr)

- Advertisement -
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here