Wednesday, November 30, 2022
HomeBerita UtamaHendak Konfirmasi Kegiatan, Wartawan Tabloid Mantap Biro Pemalang Diduga Dipimpong

Hendak Konfirmasi Kegiatan, Wartawan Tabloid Mantap Biro Pemalang Diduga Dipimpong

TM Pemalang – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah melalui kegiatan tentang webinar dengan tema “Modernisasi Kelembagaan Partai Politik” yang diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2022 lalu, patut diduga tidak menjadikan kegiatan untuk menjadi konsumsi publik.
Atas kegiatan tersebut pada tanggal 25/08/2022 lepas jam istirahat saat awak media mau mengkonfirmasi ke pihak Kesbangpol, Menurut keterangan penerimaan tamu bahwa.
“Pak Kabid dan Pak Kaban sedang ada acara,” kata penjaga penerimaan tamu yang nama nya tidak mau disebutkan. Begitu pula esok harinya katanya ada kegiatan diluar.
Untuk yang ketiga kali, berselang tiga hari dari acara kegiatan, (29/08/2022) awak media akhirnya dapat bertemu dengan Kabid Kesbangpol Kab.Pemalang yang berkaitan dengan kegiatan. Dikatakan oleh Kabid, “Nanti yang menyampaikan staf saya,” kata Kabid.
Disampaikan oleh salah satu staf Kabid Kesbangpol, “Tadi Pak Kabid saya suruh menemui sampean. Kalau pertanyaan yang terkait kegiatan empat hari yang lalu, saya tidak punya kewenangan atas pertanyaan sampean yang dimaksud, sedangkan Pak Kaban ada diruangan sendirian, tapi beliau tidak bisa diganggu, mungkin kalau bisa besok saja, karena sekarang habis jam istirahat”.
Dari kejadian yang dialami, awak media merasa seperti di pingpong oleh seorang pejabat publik yang patut diduga tidak memahami tupoksi dari seorang wartawan yang hendak mengkonfirmasi untuk informasi kepada masyarakat, sesuai dengan UU PERS No 40 Tahun 1999.
Dari informasi yang dihimpun, Kesbangpol Kab Pemalang pada acara tanggal 25 Agustus 2022 melaksanakan acara yang berdasarkan surat edaran dari Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 005/5606/polpum pada tanggal 23 Agustus 2022 perihal Undangan dalam rangka pengembangan Literasi Politik melalui Media Sosial.

Acara yang menjadi bagian program dari pemerintah patut diduga tidak harus menjadi konsumsi informasi untuk publik dan menerobos UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik oleh oknum pejabat di Kesbangpol Pemalang. (A’IDIN)

- Advertisement -
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here