Obyek Wisata Dibawah Kelola KBM Ekowisata Perum Perhutani Jabar dan Banten Lulus Sertifikasi SNI 9042:2021

52
Foto Bersama Auditor PT Equality Indonesia (EQI) dan Jajaran KBM Ekowisata Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten (Foto/Asep Ruslan)
TM KOTA BANDUNG – Dalam rangka mempersiapkan pariwisata sehat, pada tahun 2020 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF) telah meluncurkan Program  CHSE untuk semua pelaku usaha pariwisata. CHSE adalah penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keselamatan), dan Environment Sustainability (Kelestarian lingkungan).
Pada Tahun 2021 Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan SNI 9042:2021 : Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan Tempat Penyelenggaraan dan Pendukung Kegiatan Pariwisata.
Pelaksanaan Audit SNI : 9042:2021 CHSE di Cikole Jayagiri Resort oleh Auditor PT Equality Indonesia (EQI) (Foto/Asep Ruslan)
Sejak saat itu Sertifikasi CHSE bersifat Voluntary (sukarela) dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).
PT Equality Indonesia (EQI) sebagai salah satu LSUP telah melaksanakan proses Sertifikasi SNI 9042:2021 terhadap obyek wisata dibawah kelola Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ekowisata Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten, yaitu: Patuha Resort, Wana Wisata Kawah Putih, Wana Wisata Ranca Upas dan Cikole Jayagiri Resort yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat. Audit tersebut meliputi Manajemen/Tata Kelola, Kesiapan Sumberdaya Manusia dan Partisipasi/Pengunjung.
Pelaksanaan Audit SNI : 9042:2021 CHSE di Cikole Jayagiri Resort oleh Auditor PT Equality Indonesia (EQI) (Foto/Asep Ruslan)
Dilaksanakan pada tanggal 23 – 26 Agustus 2022 .  Berdasarkan penilaian Tim Auditor secara umum ke 4 obyek wisata tersebut telah memenuhi SNI 9042:2021. Setelah dilaksanakan audit lapangan, tahap berikutnya adalah Penyusunan Laporan dan Pengambilan Keputusan. Dalam waktu 14 hari setelah hari terakhir audit, ke empat obyek wisata tersebut dapat memperoleh Sertifikat CHSE apabila dinyatakan MEMENUHI.

Baca Juga  Laka Maut Tol Trans Jawa, TMJ Sopir Vanesa Resmi Ditahan
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =