Saturday, June 15, 2024
spot_img
HomeEdukasiEksekutif WALHI Jabar Dukung dan Apresiasi Wacana Kehadiran KLH GERTAS

Eksekutif WALHI Jabar Dukung dan Apresiasi Wacana Kehadiran KLH GERTAS

TM Kab Bogor – Wacana hadirnya Komunitas Lingkungan Hidup (KLH) Gerak Tanggap Sampah (GERTAS) mendapat tanggapan positif. Wahyudin, selaku Eksekutif Walhi Jawa Barat menyambut baik rencana kehadiran komunitas para peduli lingkungan (GERTAS).
“Persoalan isu sampah hingga saat ini belum tertangani karena tata kelola sampah yang masih salah urus. Wacana pembentukan sebuah komunitas yang akan fokus dengan persoalan pengolahan sampah, akan menjadi point positif untuk bersinergi dengan instansi pemerintahan, baik pusat maupun Kab/Kota dalam meminimalisir masalah sampah,” kata Wahyudin, melalui pesan WhatsApp pribadinya kepada media ini, Minggu (26/3).
Dijelaskan oleh Wahyudin, metode pendekatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat serta meningkatkan pengetahuan akan lingkungan dikalangan masyarakat masih pragmatis, misal satu atau dua kali pelatihan selanjutnya event di lapangan selesai tanpa diserta RTL yang perlu dilakukan kedepan, terutama nantinya oleh KLH GERTAS.
“Selain pendekatan yang masih pragmatis, masyarakat sering dihadapkan sulitnya mengolah sampah dari mulai rumah masing-masing, karena sampah yang sudah sebagian di pilah dalam satu desa, terdapat masalah di kecematan yang mana jarang terlihat ada TPS yang tersedia, sehingga akhirnya larinya di bakar atau di buang sembarang. Hal ini yang saya harap akan menjadi salah satu fokus yang disorot oleh KLH GERTAS dalam menunjukkan progresnya nanti,” ungkapnya.
“Tata kelola sampah yang salah bukan harus menyediakan tekhnologi bakar-bakaran karena proses pembakaran akan dampak pula terhadap penceramaran kualitas udara. Kiranya hal tersebut dapat ikut disosialisasikan oleh KLH GERTAS, khususnya di plosok-plosok desa,” tambahnya.
Dalam keteranganya, Wahyudin juga menitipkan akan keberlangsungan dari sungai-sungai yang ada di sekitaran Jawa Barat. Dijelaskan oleh dia, saat ini di sungai, khususnya sungai Citarum bersih dari sampah karena ada TNI, setelah habis program Citarum Harum pada tahun 2025 bisa jadi Sampah akan menggunung kembali di sungai-sungai.
“Karena itu kami Walhi Jawa Barat berharap nantinya KLH GERTAS dapat turut serta memonitoring keberlangsungan sungai-sungai yang ada, terutama memastikan tidak bercampurnya sampah di DAS. Selamat atas rencana kehadiran KLH GERTAS, semoga kedepan dapat bersinergi dengan baik dengan kami jajaran Walhi Jabar, dan terlebih dapat bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. (R.1)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here