Tuesday, June 18, 2024
spot_img
HomeMetroBerbagai Tokoh Masyarakat Hingga Ketua Organisasi Kritisi Viralnya Pernyataan Plt Bupati Bogor

Berbagai Tokoh Masyarakat Hingga Ketua Organisasi Kritisi Viralnya Pernyataan Plt Bupati Bogor

TM Kab Bogor – Sejumlah kalangan mulai dari Tokoh Masyarakat Bogor Barat, Ketua Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB), Pemuda Lira Bogor Raya dan lainnya. Ikut berkomentar atas pernyataan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan yang sedang ramai dibicarakan.
Menanggapi hal itu, Yogi Ariananda Ketua DPD Pemuda Lira mengatakan bahwa pernyataan seperti ini sangat fatal apalagi keluar dari mulut pejabat publik seperti Iwan Setiawan selaku Plt Bupati Bogor.
“Sebelumnya mantan Eks Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan ‘Wartawan Bodrex’ sangat menyakiti insan pers, hari ini penggantinya lebih parah lagi sampai mengucapkan siap injak kitab suci umat Islam” ucap Yogi dalam keterangannya, Minggu (26/2/2023).
“Seharusnya Plt Bupati Bogor bisa langsung ambil sikap untuk meminta maaf kepada masyarakat terutama umat muslim apa lagi sebagai pimpinan di Kabupaten Bogor,” ucapnya.
Yogi juga meminta kedepannya jangan sampai memilih calon Bupati Bogor yang asal bicara.
Sementara, admin Ketua Grup WhatsApp Urang Sunda Sauyunan, Asep Didi Sumantri menyatakan, bahwa apa yang dikatakan seorang apa pun predikat dan status sosial yang disandangnya di ranah publik, apalagi jika itu tentang suatu yang prinsipil, seperti Aqidah suatu agama yang menyangkut kitab suci agama yang dianutnya, hal itu tak bisa ditolerir dengan dalih apa pun, karena hal itu bersifat universal.
“Kalau menurut hemat saya, beliau wajib untuk sesegera mungkin mengklarifikasi hal tersebut di hadapan publik di wilayahnya dan sekaligus meminta maaf,” tegas Aa Asep sapaan akrabnya.
“Permintaan maafnya itu yang terpenting jika menurut saya, meminta maaf lah sungguh-sungguh dengan setulus-tulusnya permintaan maaf, dan tujukan kepada seluruh umat Islam di dunia, tidak cukup di Bogor ini saja karena umat Islam itu tidak hanya di Bogor. Al-Qur’an itu kitab suci umat Islam, dunia – akhirat berlakunya di jamin oleh Allah SWT, berarti jelas itu bersifat universal,” sambung Asep menambahkan.
Terpisah, Ketua FWBB Iwan Boring menyebut jika menyangkut hal prinsipil, terutama tentang agama yang dianutnya, dirinya siap mempertaruhkan apapun untuk membelanya.
“Jika demi membela agama saya, sampai mati pun saya siap. Karena ucapan dari Plt Bupati itu bukan cuma tidak pantas, tetapi juga terkesan tidak berakhlak, mengingat Al-Qur’an itu kitab suci umat Islam sedunia, berarti harus minta maaf kepada seluruh umat Islam di dunia,” sebut Iwan.
Tak hanya itu, Tokoh Masyarakat Bogor Barat Apih Oscar, Seniman Wayang Bambu Ki Dalang Drajat, Aktivis Bogor Raya Ahmad Rohani dan Ketua Media Center Bogor Barat (MCBB) ikut berkomentar dan meminta segera Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta maaf secara terbuka kepada publik.
Sebagai informasi, dilansir dari beberapa pemberitaan media, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan telah meminta maaf kepada seluruh umat Islam khususnya di Kabupaten Bogor, maupun umumnya di Indonesia atas pernyataannya yang siap bersumpah menginjak Al-Qur’an saat ditanya salah satu wartawan media lokal terkait isu jual beli jabatan.
Permintaan maaf itu disampaikan Iwan Setiawan saat berkumpul bersama para kiai dan tokoh agama yang ada di wilayah selatan Kabupaten Bogor, di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Huda, Kampung Cilember, Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Minggu (26/2/2023).

Editor: Rendy

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here