Monday, April 15, 2024
spot_img
HomeMetroSopian Suri: Pemkot Depok Dukung Langkah Pj Gubernur DKI Rangkul Kota Penyanggah...

Sopian Suri: Pemkot Depok Dukung Langkah Pj Gubernur DKI Rangkul Kota Penyanggah Sebagai Upaya Mengendalikan Inflasi

TM Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat mendukung langkah Pemprov DKI yang berniat melibatkan kota-kota penyangga Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), dalam upaya mengendalikan inflasi. Cara tersebut dianggap efektif untuk memperkuat langkah koordinasi dalam pengendalian inflasi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan lainnya.
“Kami (Pemerintah Kota Depok) mendukung Pemprov DKI Jakarta yang ingin mengadakan kerja sama dengan kawasan sekitarnya. Kami menyambut baik ajakan kolaborasi tersebut,” kata Sekretaris Kota Depok Supian Suri, Sabtu (25/2), menanggapi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Selama ini, lanjut Supian Suri, permasalahan inflasi menjadi pemasalahan utama, karena Pemprov DKI tak bisa menyelesaikan sendiri permasalahan tersebut. Sementara, lanjut dia, pemerintah daerah di kawasan penyangga merupakan daerah yang tak terpisahkan, sehingga Pemprov DKI harus segera mengadakan pembicaraan dengan kota-kota penyangga Bodetabek perihal pengendalian inflasi.
“Karena sejatinya, hampir tidak ada batas (sekat) antara DKI jakarta dan Kota Depok, seiring dengan perkembangan permukiman dan jaringan transportasi yang menyangga wilayah DKI Jakarta, menyebabkan laju inflasi Kota Depok turut dipengaruhi oleh laju kenaikan harga barang dan jasa terutama jasa angkutan dalam dan luar kota,” ungkap dia.
Saat ini, masih kata dia, Kota Depok seperti halnya daerah lain di jabodetabek juga telah melakukan upaya-upaya pengendalian laju inflasi.
“Sebagaimana telah diamanatkan oleh Bapak Presiden RI, bahwa kerjasama antar daerah sangatlah penting dalam pengendalian inflasi karena terdapat sentra produksi dan distribusi yang berbeda,” bebernya.
Oleh sebab itu, dia mengakatan, upaya pengendalian inflasi akan lebih efektif apabila dikerjakan secara kolaboratif oleh daerah-daerah yang ada di wilayah Jabodetabek.
“Hal ini sejalan dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, “imbuhnya.
Sebagai informasi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut Pemprov DKI akan menggandeng kota-kota penyangga DKI Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), sebagai upaya mengendalikan inflasi.
“Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengadakan pertemuan khusus dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terkait penanganan inflasi,” ucapnya. (zis)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here