Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeMetroUji Publik Calon Panitia Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual AKPER Pelni...

Uji Publik Calon Panitia Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual AKPER Pelni Jakarta

TM Jakarta – Akademi Keperawatan Pelni melaksanakan kegiatan “Uji Publik Panitia seleksia Pencegahan dan Penanganan kekerasan seksual (CAPANSEL)” yang dilakukan pada 29 Januari 2024 melalui daring yang dihadiri sebanyak 68 peserta. Kegaitan ini diadakan guna mempersiapkan calon panitia seleksi satgas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus, Selasa (30/1).
Kegiatan ini juga merupakan tindak Lanjut Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi khususnya LLDikti wilayah III.
Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan berdoa kemudian dilanjut dengan sambutan dan pembukaan dari ketua Yayasan AKPER Pelni ibu Sri Atun Wahyuningsih, Ns.,M.Kep.,Sp.Kep.J yang menyampaikan tujuan dan manfaat dari kegiatan ini. Kemudian, Pemutaran video sambutan dari kemdikbud tentang amanah permendikbudristek no 30 tahun 2021 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA).
Lalu dilanjut dengan acara inti yaitu presentasi dari masing-masing Capansel dan sekaligus tanya jawab dari panelis isternal maupun eksternal. Dalam uji publik ini dihadiri oleh panelis, terdapat panelis internal yaitu ibu sri atun wahyuningsih,Ns.M.kep.,Sp.Kep.J selaku direktur akper pelni jakarta dan panelis eksternal ibu yosephien dian indraswari selaku direktur yayasan pulih.
Dalam uji publik capansel ini terdapat 6 orang calon capansel dimana 6 orang terpilih dan sudah lulus seleksi dan menyelesaikan modul dilaman LMS. masing masing ada dari unsur dosen yaitu ibu elfira awalia Ns.M.kep.,Sp.Kep.J, unsur tenaga pendidik bapak danny rasyid Rabbani, S.Ip dan ibu Tiara Nur Arazy, S.Ak serta dari unsur mahasiswa diania, pragita, putri nabila.
Dengan diadakanya seleksi kegiatan ini diharapkan terbentuk panitia seleksi dan Satgas PPKS . dalam kegiatan ini juga moderator putri permata sari, Ns.M.Kep.Sp.Kep.M selaku wakil direktur III bagian kemahasiswaan dan alumni memberikan pesan dalam penyampaiananx ”betapa pentingx pembentukan capansel ini sehingga akan terbentuk pansel yang nantinya akan menyeleksi satgas PPKS yang kredibel berkualitas bagi akper pelni, sehingga nantinya korban perilaku kekerasan akan mendapatkan perlindungan dan memiliki wadah pengaduan, karena Biasanya korban tidak mendapatkan feedback yang baik terhadap kasus yang menimpa korban sehingga penting saat ini untuk pembentukan satgas ppks”.
Diharapkan juga para mahasiswa semakin aware dengan tindak kekerasan apapun guna menciptakan mahasiswa yang berintegritas tinggi. Mari berantas segala bentuk kekerasan demi masa depan yang tentram dan kampus yang merdeka dari kekerasan khususnya kekerasan seksual. (RDI)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here