Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeMetroWujud Jakarta Tertib Ukur, Dinas PPKUKM DKI Jakarta Buka dan Bubuhkan Cap...

Wujud Jakarta Tertib Ukur, Dinas PPKUKM DKI Jakarta Buka dan Bubuhkan Cap Tanda Tera 2024

TM Jakarta – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, secara simbolis membuka segel dan melakukan pembubuhan tapak Cap Tanda Tera tahun 2024, di Gedung Serbaguna Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Jakarta, Selasa (2/1).
Hal itu sebagai wujud komitmen Jakarta yang tertib ukur dan menjunjung kebenaran dalam setiap pengukuran di bidang perdagangan, serta menjadi bagian dari pelayanan kemetrologian (tera atau tera ulang) bagi masyarakat setelah penerbitan Cap Tanda Tera 2024. 

Ratu menyampaikan, pembubuhan Cap Tanda Tera 2024 menjadi momentum untuk kembali menyamakan persepsi bahwa kegiatan tera atau tera ulang bukan sekadar melaksanakan tugas rutin semata dalam aktivitas perdagangan. Namun, memiliki makna dan tujuan lebih besar, yaitu melindungi kepentingan masyarakat.

“Mari jadikan Cap Tanda Tera sebagai simbol keadilan dan kejujuran. Menempatkan kebenaran pengukuran merupakan dasar sebuah kepercayaan, kepercayaan untuk maju bersama dan untuk bangkit bersama. Selain itu, mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera dengan kepastian hukum dan ketertiban pengukuran sebagaimana amanat UU Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal,” ujar Ratu.

Dalam kesempatan tersebut, Ratu turut mengimbau agar para pejabat Jabatan Fungsional Tertentu (JFT)-Penera, yang telah diberi amanah oleh Undang-Undang sebagai Hakim Pengukuran, dapat menjaga dan melaksanakan amanat tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab dan berintegritas. “Mari bahu-membahu menjadikan Kota Jakarta sebagai barometer Daerah Tertib Ukur. Kota Jakarta yang sukses menjadikan warganya sadar dan peduli akan pentingnya kebenaran pengukuran untuk mewujudkan masyarakat Indonesia berkeadilan,” ungkap Ratu. 

Perlu diketahui, Cap Tanda Tera berfungsi untuk memastikan alat ukur, alat takar, dan alat timbang yang digunakan dalam transaksi perdagangan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir dalam berbelanja jika timbangan yang digunakan oleh pelaku usaha sudah bertanda tera sah. 

Usai pembubuhan Cap Tanda Tera 2024 secara simbolis, Ratu menandatangani prasasti rehabilitasi Gedung Pelayanan Kemetrologian, Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta Nur Hidayat melaporkan capaian kinerja Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta tahun 2023. Di antaranya, capaian untuk pelayanan kemetrologian, realisasi alat UTTP (ukur, takar, timbang dan perlengkapannya) sebanyak 1.269.800 unit, meningkat 31,8% dari tahun 2022

Sejumlah penghargaan juga diraih oleh Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta. Adapun rinciannya yaitu 58 pasar meraih penghargaan Pasar Tertib Ukur (jumlah tersebut terbanyak se-Indonesia), dua tahun berturut-turut meraih penghargaan Daerah Tertib Ukur, kemudian penghargaan Daerah Peduli Perlindungan Konsumen, serta Juara 1 Kategori Inovasi Kehumasan dan Juara 2 Kategori Komunikasi Publik dan Media Sosial pada Anugerah Humas Jakarta. 

“Capaian tersebut tidak terlepas dari jerih payah seluruh ASN Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta, para laboran, serta dukungan dari Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta. Harapannya, pada 2024 ini, Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta dapat mempertahankan kinerja yang optimal untuk melayani masyarakat Jakarta,” ujar Nur. (**)

Sumber Berita : Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Editor: RDI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here