Monday, March 4, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIBripka Marwanto, Bhabinkatibmas Desa Candi, Ciptakan Armada Baru untuk Penanganan Sampah

Bripka Marwanto, Bhabinkatibmas Desa Candi, Ciptakan Armada Baru untuk Penanganan Sampah

TM Boyolali – Bripka Marwanto, anggota Bhabinkatibmas Desa Candi, Polsek Ampel Polres Boyolali, memimpin inisiatif positif dalam menanggapi keluhan masyarakat terkait perilaku meresahkan sebagian warga yang membuang sampah sembarangan di sungai, jalan raya, dan di pinggir jembatan. Tindakan ini diambil pada hari Selasa (14/11/2023) pagi.
Dalam usahanya untuk mengatasi masalah sampah ini, Bripka Marwanto berkolaborasi dengan Unit Pelayanan Sampah (UPS) Mitra Sejahtera yang berdiri sejak 1 Juni 2021 di desa Candi. Selain itu, Ia juga masuk dalam kepengurusan sebagai pembina UPS yang kepengurusannya di Ketuai oleh Bapak Totok dan Sdr. Gito serta Sdr. Paimin sebagai Operator Armada pengambil sampah.
Bripka Marwanto menyatakan bahwa Pembuangan Sampah yang tidak pada tempatnya memiliki potensi menimbulkan masalah yang lebih besar dalam masyarakat. “Terutama ketika sampah dibuang di lahan kosong milik orang, hal ini dapat merusak lingkungan dan tempat umum,” katanya.
Dalam langkah konkret, Bripka Marwanto menambah satu armada menjadi dua armada dari Armada Pemerintah desa sebelumnya untuk layanan jemput sampah ke rumah warga. Satu armada yang Ia sumbangkan berasal dari pinjaman koperasi polres, dan sebagian lagi didapatkan dari hasil iuran warga yang menggunakan layanan tersebut. Pendanaan dari iuran warga sudah mencukupi untuk operasional armada, pembayaran karyawan, dan juga kontribusi restribusi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winong.
Kepala Desa Candi, Warsito, menyampaikan kerjasama antara Pemdes dan Bhabinkamtibmas bertujuan mengurangi jumlah sampah yang dibuang sembarangan. “Harapannya, dengan upaya yang giat ini, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan dan dapat mengelola sampah dengan lebih baik. Langkah-langkah ini diharapkan dapat membangun kesadaran kolektif untuk menjaga kebersihan lingkungan demi kesejahteraan bersama,” ujar Kades.
Seorang warga, Sahada, menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras aparat dalam memberikan himbauan dan pelayanan terkait penanggulangan sampah. Semoga langkah-langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk turut serta aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan,” tutupnya.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here