Monday, July 15, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRICiptakan Kerukunan, Polres Sukoharjo Gelar Apel Akbar dan Lomba Kearifan Lokal Bagi...

Ciptakan Kerukunan, Polres Sukoharjo Gelar Apel Akbar dan Lomba Kearifan Lokal Bagi Perguruan Silat

TM Sukoharjo – Polres Sukoharjo menggelar Apel Akbar Perguruan Silat se Kabupaten Sukoharjo di Halaman Mapolres, Rabu (22/2/2023).
Sebanyak 18 perguruan silat di Kabupaten Sukoharjo tampak mengikuti apel tersebut. Perguruan silat itu yakni, Tapak Suci, PSHT, PSHT PM, Perisai Diri, Persinas Asad, Merpati Putih, Pagar Nusa, IKSPI, Hasta Manunggal, Tapak Manunggal, PSTD Pancasila, Persaudaraan Rumpun SH, Satria Piningit, Ki Ageng Pandan Alas, PSH Pilangbango, PSHW TM, Cempaka Putih, dan Bintang Surya.
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, Apel Akbar digelar untuk menjalin silaturahmi dan kerukunan diantara para perguruan silat.
Dijelaskannya, keberagaman perguruan pencak silat di Kabupaten Sukoharjo dengan latar belakang yang bermacam-macam sangat berpotensi terjadi konflik yang sangat berdampak pada kehidupan sosial masyarakat.
Dampak dari konflik tersebut sangat banyak yang dirugikan, mulai dari jatuhnya korban jiwa, situasi menjadi tidak aman, dan lain sebagainya.
“Jadi untuk mencegah terjadinya konflik-konflik tersebut, kita gelar Apel Akbar ini supaya terjalin kerukunan dan kekompakkan antar perguruan pencak silat,” ujar AKBP Wahyu.
Selain itu, lanjut Kapolres, dengan silaturahmi ini diharapkan stigma masyarakat tentang perguruan silat yang negatif bisa berubah sejalan dengan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh para perguruan silat.
Dalam kesempatan itu, AKBP Wahyu juga mengajak kapada seluruh perguruan silat bisa bersatu, rukun, dan kompak dalam menjaga keamanan di Sukoharjo.
“Kita semua adalah saudara, walaupun berbeda perguruan dan payung organisasi mari bersama sama ciptakan suasana yang nyaman dan aman di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” tandasnya.
Setelah Apel Akbar, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pengakraban antar perguruan pencak silat dengan melakulan permainan-permainan kekompakkan kearifan lokal, seperti lomba tangkap belut secara estafet, balap bakiak, balap karung, dan estafet sarung.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here