Tuesday, June 18, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIJelang Mudik Lebaran, Kapolres Sukoharjo Cek Kesiapan Angkutan Umum dan Periksa Kesehatan...

Jelang Mudik Lebaran, Kapolres Sukoharjo Cek Kesiapan Angkutan Umum dan Periksa Kesehatan para Kru

TM Sukoharjo – Menjelang Lebaran, Satlantas Polres Sukoharjo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, melakukan pengecekan kondisi armada bus dan para sopir, Selasa (28/3/2023). Pengecekan tersebut untuk memastikan bus dalam kondisi laik jalan menjelang arus mudik Lebaran.
Dalam kegiatan itu, Satlantas Polres Sukoharjo mengecek perusahaan otobus (PO) yang berada di Kabupaten Sukoharjo. Salah satu perusahaan otobus yang dicek adalah PO Bus Gunung Mulia.
Pada kesempatan itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, juga turut hadir melaksanakan pengecekan. Adapun pengecekan secara fisik mencakup perlengkapan bus seperti lampu, wiper, kondisi ban, mesin, maupun surat- surat kendaraan.
Seluruh bagian dicek secara teliti, bahkan Kapolres dan petugas juga naik ke kabin bus untuk mengecek perlengkapan di dalamnya.
Menurut AKBP Wahyu, pengecekan dimaksudkan untuk memastikan kondisi bus dalam kondisi laik jalan. Hal itu sangat penting, mengingat sebentar lagi memasuki masa arus mudik Lebaran.
“Bus ini kan juga digunakan untuk mengangkut pemudik nantinya. Jadi harus dipastikan kondisinya benar-benar laik jalan,” katanya seusai pengecekan.
Selain melaksanakan pengecekan terhadap kondisi bus, pada kesempatan tersebut Kapolres juga menerjunkan tim kesehatannya dari Dokkes Polres Sukoharjo untuk memberikan pengecekan kesehatan kepada para sopir dan kru lainnya.
“Jadi selain kondisi bus yang baik, kesehatan sopir dan kru lainnya juga harus benar-benar prima dan baik. Karena nantinya sopir yang akan membawa masyarakat untuk mudik ke wilayahnya masing-masing,” jelas Kapolres.
Saat disinggung mengenai persiapan dalam menghadapi mudik Lebaran 2023, AKBP Wahyu mengatakan jika Polres Sukoharjo akan mendirikan Pos pengamanan (Pospam) di 4 titik yang dirasa akan rawan terjadinya kemacetan lalu lintas.
4 Pospam tersebut akan didirikan di Simpang Patung Jamu Bulakrejo, Bundaran Patung Pandawa Solo Baru, Bundaran Tugu Kartasura, dan Simpang Empat Sanggung.
“Mudah-mudahan dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini, selama libur lebaran maupun arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, sehingga para pengguna jalan dapat terlayani dengan nyaman,” tandas Kapolres.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here