Monday, July 15, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIJumat Berkah Peduli Stunting, Satlantas Polres Sukoharjo Bagikan Nutrisi Tambahan Untuk Anak...

Jumat Berkah Peduli Stunting, Satlantas Polres Sukoharjo Bagikan Nutrisi Tambahan Untuk Anak Balita

TM Sukoharjo – Satlantas Polres Sukoharjo menggelar kegiatan Jumat Berkah dengan membagikan nutrisi tambahan bagi wanita hamil dan anak balita, di wilayah Makam Haji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jumat (10/2/2023). Hal itu dilakukan dalam rangka peduli stunting.
Dalam kegiatannya, selain membagikan nutrisi tambahan berupa susu dan makanan bergizi lainnya, anggota Satlantas Polres Sukoharjo juga memberikan sosialisasi dan edukasi terhadap stunting, seperti penyebab, dampak, dan upaya pencegahan stunting.
“Pada kesempatan hari ini, kami dari Satlantas Polres Sukoharjo menggelar Jumat Berkah Peduli Stunting, dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai stunting. Selain itu, kita juga membagikan nutrisi tambahan kepada ibu hamil dan anak balita di wilayah Makam haji Kartasura,” ungkap Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Sofia Wuriana, mewakili Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.
AKP Sofia mengatakan, dalam kegiatan tersebut, masyarakat diberikan sosialisasi mengenai penyebab terjadinya stunting, seperti kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan sebelum masa kehamilan serta kurangnya pengertian terkait pola asuh anak, kurangnya gizi pada awal pertumbuhan anak, kurangnya air bersih dan sanitasi, serta yang lainnya.
Selain itu, lanjut AKP Sofia, sosialisasi juga mengenai dampak yang ditimbulkan akibat stunting, seperti anak mudah Sakit, kemampuan Kognitif berkurang, saat tua beresiko terkena penyakit yang berhubungan dengan pola makan, fungsi tubuh tidak seimbang, dan postur tubuh yang tidak maksimal saat dewasa.
“Setelah masyarakat diedukasi tentang penyebab dan dampak dari stunting, kemudian kita sosialisasikan upaya pencegahan stunting, yaitu dengan cara memberikan asi dan empasi, akses air bersih dan fasilitas sanitasi, imunisasi anak, pemenuhan gizi bagi ibu hamil, serta memantau pertumbuhan balita di posyandu,” ujarnya.
“Semoga dengan upaya-upaya ini, stunting dapat ditanggulangi, dan angka stunting terus menurun,” tandas AKP Sofia.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here