Tuesday, June 18, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIKapolres Berikan Pembinaan di SMA N 2 Wonogiri

Kapolres Berikan Pembinaan di SMA N 2 Wonogiri

TM Wonogiri – Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si menghadiri kegiatan upacara bendera hari Senin di SMAN 2 Wonogiri di Jalan Nakula V Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Senin, 27 Februari 2023.
Kapolres bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya Kapolres Wonogiri menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Sekolah SMA N 2 Wonogiri yang telah bersedia memberikan tempat dan kesempatan sehingga dia bisa hadir di tengah-tengah guru, staf dan siswa SMA N 2 Wonogiri dalam rangka silaturahmi sekaligus melaksanakan sosialisasi tentang tata tertib dan perilaku dalam berkendara di jalan guna mewujudkan situasi lalu lintas di wilayah wonogiri yang aman, selamat, tertib dan lancar.
“Di era global saat ini perkembangan teknologi otomotif berkembang sangat pesat dimana setiap tahun kendaraan khususnya sepeda motor bertambah mencapai 10.000 kendaraan. Hal ini akan berdampak terhadap situasi lalu lintas di jalan menjadi padat dan dapat menimbulkan kemacatan lalu lintas apabila tidak diimbangi dengan sarana prasarana jalan yang memadahi,” katanya.
Dengan situasi yang demikian ini diperlukan para pengguna jalan baik pejalan kaki, pengendara kendaraan roda empat maupun sepeda motor perlu kesadaran untuk mentaati peraturan lalu lintas serta menghargai sesama pengguna jalan yang lain.
“Keselamatan berlalu lintas bukan hanya menjadi tanggung jawab oleh 5 pilar pemangku kepentingan antara lain Bappeda, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Polri dan Dinas Kesehatan” namun demikian keselamatan di jalan raya menjadi tanggung jawab seluruh eleman masyarakat termasuk pelajar,” terangnya.
Kapolres menambahkan kesadaran masyarakat umum tentang pentingnya menghargai pengguna jalan terbilang masih sangat rendah, ditambah dengan kondisi infrastruktur jalan yang belum memadai.
“Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas selama tahun 2022 ada lebih dari 1.300 kasus kecelakaan yang terjadi dan 500 korbannya diantaranya adalah mereka yang berusia produktif mulai usia 10 hingga 24 tahun,” ungkapnya.
Kapolres menuturkan kegiatan upacara bendera pada hari Senin merupakan wujud nyata kepedulian Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam hal ini Polres Wonogiri dalam menciptakan situasi yang kondusif baik di jalan dan di lingkungan lembaga pendidikan.
“Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas di wilayah Wonogiri, saya selaku kapolres wonogiri mempunyai salah satu program kerja unggulan Polres Wonogiri yakni “Gerakan Tiji Tibeh” atau Tertib Siji Tertib Kabeh (Tertib Satu Tertib Semua) yang mengusung konsep kearifan lokal Wonogiri. Tujuannya adalah untuk menciptakan kondusifitas di wilayah Wonogiri,” tutupnya.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here