Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRILatih Kesigapan Anggota, Polres Sukoharjo Gelar Sispam Mako

Latih Kesigapan Anggota, Polres Sukoharjo Gelar Sispam Mako

TM Sukoharjo – Tingkatkan keamanan Mako dan kesiapsiagaan personil, Polres Sukoharjo Polda Jawa Tengah, Jumat (08/12) pagi tadi menggelar latihan simulasi sistem pengamanan Markas Komando (Sispam Mako).
Kasi Humas Kompol Daryanta, mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, mengatakan latihan ini juga bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan dan ketangkasan personil dalam menjalankan pengamanan Mako.
“Latihan Sispam Mako ini penting untuk memberikan gambaran kepada seluruh anggota Polres Sukoharjo tentang bagaimana menghadapi situasi yang berkaitan dengan keamanan Mako,” ujar Kasi Humas.
Daryanta menambahkan, personil diharapkan mengetahui tindakan yang harus dilakukan, di mana tempatnya, serta tanggung jawabnya terhadap situasi yang mungkin timbul. Hal ini bertujuan agar personil selalu siap dan mampu menjalankan tugas sesuai dengan tingkat ancaman yang ada.
“Latihan simulasi Sispam Mako ini dimulai dengan personil menjalankan tugas-tugas rutin seperti biasa. Kemudian, dengan adanya suara alarm, seluruh personil langsung menempatkan posisi dilingkungan mako,” bebernya.
Setelah menerima informasi dari Perwira Siaga tentang adanya massa berkumpul di luar Mako Polres Sukoharjo, personil menerima arahan dari pimpinan dan melakukan langkah-langkah sesuai simulasi, termasuk memeriksa situasi dan kondisi di tempat yang telah ditentukan sesuai dengan ploting zona masing-masing.
“Simulasi Sispam Mako ini merupakan upaya untuk mengantisipasi dan mencegah kerusakan atau serangan fisik terhadap Mako Polres Sukoharjo yang mungkin dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tujuannya adalah agar seluruh personil memiliki persepsi yang seragam dalam melaksanakan tugas pengamanan Mako, dengan pengawasan yang ketat antara pimpinan satuan dan anggota pelaksana di lapangan,” jelas Daryanta.
Menurut Daryanta, latihan simulasi Sispam Mako ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan personil Polres Sukoharjo dalam menjalankan tugas pengamanan Mako, serta mengantisipasi potensi ancaman atau serangan terhadap Mako tersebut.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here