Wednesday, February 21, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIMengenal Tim Patroli Siraju Polres Jepara, Tugasnya Mengatasi Kejahatan Jalanan Mulai Balap...

Mengenal Tim Patroli Siraju Polres Jepara, Tugasnya Mengatasi Kejahatan Jalanan Mulai Balap Liar Hingga Begal

TM Jepara – Kepolisian Resor (Polres) Jepara memiliki tim reaksi cepat dan tanggap yang diberi nama Tim Patroli Siraju atau Polisi Jepara Juara. Tim ini telah beberapa kali melakukan patroli sepanjang wilayah kabupaten Jepara dalam rangka pengamanan dan juga sosialisasi keamanan serta ketertiban masyarakat.
Tim yang berjumlah belasan orang ini dibentuk dalam rangka menindaklanjuti perintah dari Kapolri terkait dibuatnya layanan yang cepat dan berbasis online kepada masyarakat sekaligus upaya pencegahan tindakan pidana dan pelanggaran hukum di area hukum polres Jepara.
“Tim ini beranggotakan 16 personil yang terdiri dari berbagai fungsi seperti Sabhara, Reskrim, Lantas dan Provos,” ujar Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat ditemui usai kegiatan pengarahan dan pembekalan kepada Tim Patroli Siraju di Aula Mapolres Jepara, Kamis (25/1/2024).
Menurut Kapolres, Tim Patroli Siraju ini dibentuk untuk mengatasi permasalahan tindak kejatahan. khususnya kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat.
Untuk cara kerja tim, Kapolres menjelaskan, tim ini akan berpatroli secara rutin menyisir wilayah hukum Polres Jepara. Sasarannya kejahatan jalanan seperti aksi balap liar, begal, pencurian kendaraan bermotor, dan jambret hingga gangguan Kamtibmas yang lainnya.
“Tim ini akan berpatroli baik siang maupun malam hari. Tim sudah saya lengkapi dengan senjata api jadi setiap ancaman kejahatan pasti akan bisa di atasi dengan cepat,” kata Kapolres.
Tugas Tim Patroli Siraju memang juga fokus pada pencegahan sebelum terjadinya tindak pidana di tengah masyarakat.
“Tim ini juga ada program latihan bela diri, latihan fisik dan pengetahuan wawasan. Jadi bukan asal bentuk tim ini tapi sudah dibekali dengan bela diri, pembinaan fisik dan wawasan hukum,” tegas Kapolres.
Secara internal, AKBP Wahyu mengungkapkan, bahwa anggota kepolisian yang masih muda juga direkrut untuk menumbuhkan rasa cinta mereka pada pekerjaan. Anak-anak muda dalam tim ini juga dipacu untuk berinovasi dan berkreativitas dalam pelaksanaan tugas.
“Mereka bangga dan mereka sadar kalau tugasnya mulia dalam memberi rasa aman kepada masyarakat,” tandasnya.
Kapolres juga menambahkan, “Sejak pembentukan ditegaskannya bahwa Tim Patroli Siraju ini membutuhkan personel yang mampu bekerja melebihi tuntutan, melebihi tugas pokoknya sebagai anggota polisi. Tim membutuhkan seseorang yang memiliki loyalitas dan totalitas yang tinggi dalam mengabdi kepada masyarakat,” jelasnya.
Selain fisik dan stamina yang prima, AKBP Wahyu memilih tim yang mempunyai tampilan yang menarik alias good looking. Hal ini bertujuan agar Tim Patroli Siraju terlihat ideal di mata masyarakat.
“Misi kita itu berupaya merespon semua pencegahan dengan kekuatan dari dalam dan dari luar. Dari luar itu bagaimana kita gunakan kekuatan yang ada. Mudah-mudahan tim ini lebih baik lagi demi kenyamanan dan keamanan di Kabupaten Jepara,” tambahnya.
Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa Tim Patroli Siraju siap kerja 24 jam kapan dan di mana saja dengan metode penanganan reaksi cepat. Tim ini juga dilengkapi perlengkapan penanganan reaksi cepat yang lengkap.
Menurut Ipda Puji, Tim Patroli Siraju sudah terbentuk empat bulan lalu. Secara teknis Tim Patroli Siraju ada di bawah komando Kanitturjagwali Satlantas Polres Jepara Ipda Badar Amri Yahya selaku Katim Patroli Siraju dan mereka sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan patroli jarak jauh.
Dalam situasi dan kejadian yang berdampak mengganggu ketertiban dan keamanan, masyarakat dapat melakukan koordinasi dengan Tim Patroli Siraju.
Lulusan SIP Angkatan 51 ini menyampaikan, tim ini sudah melakukan penertiban premanisme, begal, aksi balap liar hingga membantu tugas unit-unit kepolisian lainnya.
Selain itu, Ipda Puji menambahkan, dalam patroli jarak jauh, Tim Patroli Siraju juga bertatap muka dengan tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh pemuda dan menyampaikan kepada mereka bahwa Tim Patroli Siraju selalu siap 24 jam jika dibutuhkan dalam bentuk apa pun.
Menurut dia, masyarakat sendiri sangat berharap tim ini tetap eksis karena dampaknya sangat terasa.
Dalam upaya pencegahan, kata Ipda Puji, pendekatan yang dilakukan Tim Patroli Siraju selalu humanis dan edukatif sehingga tidak menciptakan rasa takut di tengah masyarakat.
Perlu diketahui, Tim Patroli Siraju telah dikukuhkan dan diresmikan di Lapangan Apel Mapolres Jepara oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Senin (9/10/2023) lalu.
Tim ini dibentuk untuk menindaklanjuti perintah dari Kapolri terkait dibuatnya layanan yang cepat dan berbasis online kepada masyarakat.
Melalui layanan tersebut, masyarakat bisa langsung melaporkan keluhan terkait ketertiban dan keamanan masyarakat atau ingin mendapatkan informasi terkait kepolisian dengan cara menghubungi melalui pesan Chatbot Siraju pada aplikasi WhatsApp di nomor 08112894040 yang aktif 24 jam.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here