Monday, March 4, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIPeringatan Hari Disabilitas, Kapolres Jepara Terima Penghargaan Tokoh Peduli Kaum Rentan

Peringatan Hari Disabilitas, Kapolres Jepara Terima Penghargaan Tokoh Peduli Kaum Rentan

TM Jepara – Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mendapat penghargaan dari AMPERA (Angkatan Muda Penggerak Kabupaten Jepara) atas dedikasi dan kepeduliannya dalam membersamai kelompok rentan di Kabupaten Jepara.
Penghargaan itu diberikan langsung oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta saat rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada kegiatan Jepara Care Festival tahun 2023 yang diselenggarakan di Alun-Alun 1 Jepara, Minggu (3/12/2023).
Saat ditemui usai kegiatan, Kapolres Jepara mengatakan, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih atas diberikannya penghargaan tersebut.
“Hal ini tak lepas dari peran serta seluruh anggota yang telah menunjukkan kepedulian dan perhatian jajaran Polres Jepara kepada para penyandang difabel,” ujarnya.
Selain itu, Abituren Akpol 2003 ini menambahkan, bahwa pihaknya berharap dengan penghargaan tersebut semakin memacu jajaran polres Jepara untuk terus berbuat membantu penyandang disabilitas di Kabupaten Jepara.
Disamping itu, pihaknya juga mengajak masyarakat luas untuk terlibat aktif meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.
Seperti yang diketahui, Polres Jepara telah menyelenggarakan program kepedulian dalam membersamai kelompok rentan di Kabupaten Jepara, seperti program peduli penyandang disabilitas dengan tema ‘Polres Jepara Humanis bersama saudara teristimewa Difabel Berprestasi, Mandiri dan Pasti Bisa’ yang di gelar di halaman belakang Mapolres Jepara, Sabtu (25/11/2023) kemarin.
Dalam kegiatan tersebut, Polres Jepara mengundang sekitar 70 orang penyandang disabilitas.
Tak hanya itu, para penyandang disabilitas yang hadir turut melaksanakan berbagai macam kegiatan yang menarik, seperti pembacaan puisi oleh Najwa difabel Jepara, pemutaran video hasil karya kemampuan kelompok difabel Jepara, talkshow dan bedah buku ‘Aku Yang Teristimewa’ dengan penulis Via Vio (Wahyu Cahyanti Oktavia) difabel Jepara, hingga lelang lukisan milik adik Ramdan difabel Jepara.
Kemudian, Polres Jepara juga untuk pertama kalinya merekrut penyandang disabilitas, Indriyani Setyaningrum (47) atau yang biasa disapa Mbak Indri atau Mbak Is sebagai operator call center 110 Polres Jepara yang bertugas menerima setiap laporan masyarakat yang masuk melalui hotline 110.
Selanjutnya, Polres Jepara bersama stake holder terkait juga menggelar kegiatan bakti kesehatan berupa pemberian kursi roda secara gratis untuk 4 orang penyandang disabilitas dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 di Mako Satpolairud Polres Jepara, Rabu (14/06/2023) lalu.
Empat orang warga yang menerima kursi roda gratis yakni Adiba Yuniar R warga Desa Jambu, Mlonggo yang menderita sakit lumpuh.
Jatemi, warga Desa Kendengsidialit, Welahan, yang menderita sakit infeksi pada kaki. Lestari Mulyo S, warga Kelurahan Potroyudan, Jepara Kota, yang menderita sakit stroke lumpuh sejak 2 tahun. Amin Mustofa, warga Desa Pekalongan, Batealit yang menderita sakit saraf kejepit.
Sebelumnya Kapolres Jepara juga menunjukkan kepeduliannya kepada para atlet difabel Jepara yang akan berangkat pada kejuaraan Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV Jawa Tengah 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Pati beberapa bulan silam.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here