Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIPimpin Apel Bhabinkamtibmas Jelang Pemilu 2024, Begini Pesan Kapolres Jepara

Pimpin Apel Bhabinkamtibmas Jelang Pemilu 2024, Begini Pesan Kapolres Jepara

TM Jepara – Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menekankan kepada seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di jajaran Polres Jepara, harus bersikap humanis dan lebih proaktif menjaga tahapan Pemilu 2024.
“Seluruh Bhabinkamtibmas harus dan wajib hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan, bersikap humanis dan komunikatif serta selalu siap siaga menjadi garda terdepan dalam pengamanan Pemilu 2024,” ujar AKBP Wahyu.
Penekanan tersebut, disampaikan langsung Kapolres Jepara pada kegiatan apel Bhabinkamtibmas dalam rangka mewujudkan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif dalam menghadapi masa tenang, pungut dan hitung suara Pemilu tahun 2024, yang diikuti Wakapolres Jepara Kompol Indra Jaya Syafputra, pejabat utama dan seluruh personel Bhabinkamtibmas yang bertempat di halaman belakang JOP (Jepara Ourland Park) Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Sabtu (13/1/2024).
Kapolres Jepara menyampaikan, bahwa Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak pimpinan Polri di wilayah, yang terjun langsung di dalam masyarakat, berinteraksi langsung dengan masyarakat serta mengemban fungsi pembinaan masyarakat.
“Tujuan utamanya adalah menciptakan situasi kondusif dimasyarakat. Oleh sebab itu, apel Bhabinkamtibmas ini memiliki fungsi untuk memberikan tambahan ilmu kepada para Bhabinkamtibmas berupa peningkatan mental kepribadian sebagai Bhabinkamtibmas, sikap, prilaku, ketrampilan, kemahiran untuk terjun dan berinteraksi langsung kepada masyarakat,” ujarnya.
Kapolres menuturkan, Bhabinkamtibmas merupakan penghubung antara Polri dan masyarakat untuk bersama-sama dan bersinergi dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman, tentram dan nyaman, jadi peran serta Bhabinkamtibmas sangatlah penting dalam menunjang profil polri yang humanis profesional proporsional dan yang paling penting adalah polri yang di cintai oleh masyarakat.
“Dalam apel ini ada beberapa penekanan kepada para Bhabinkamtibmas agar lakukan pendekatan dengan sambang kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda agar ikut berpartisipasi menjaga kamtibmas, lakukan pemetaan wilayah dengan membuat peta kerawanan kamtibmas antara lain memetakan kawasan padat penduduk, slum area atau kawasan kumuh dan kawasan yang pernah terjadi konflik dalam penyelenggaraan Pemilu,” kata AKBP Wahyu.
Dalam menghadapi Pemilu 2024, Abituren Akpol 2003  juga menekankan agar Bhabinkamtibmas bersikap netral dan tidak menggiring opini kepada masyarakat untuk memihak salah satu calon.
“Berdasarkan STR Kapolri Nomor 1181 agar Bhabinkamtibmas tidak melakukan dialog dan tidak masuk kantor parpol atau DPC, rumah pemenangan dan atau posko pemenangan yang ada di wilayahnya, dalam melakukan sambang hanya sifatnya memantau situasi, tidak singgah,” pungkasnya.
Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami menambahkan, bahwa dalam menghadapi Pemilu 2024 Bhabinkamtibmas harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat.
“Pemahaman tersebut,  diantaranya terkait penyampaian pesan kamtibmas, edukasi dan sosialisasi terhadap informasi yang tidak benar atau hoaks menjelang Pemilu 2024. Guna terwujudnya Pemilu yang aman dan damai,” ujar Ipda Puji.
Berikut beberapa poin penekanan yang disampaikan oleh Kapolres Jepara dalam kegiatan apel tersebut kepada Bhabinkamtibmas antara lain : Antisipasi Potensi Gangguan Kamtibmas pada Tahapan Pemilu 2024, Keterlibatan Aktif Bhabinkamtibmas dalam Masyarakat, Tindakan yang Dilarang bagi Bhabinkamtibmas dan Pemetaan Kerawanan di Wilayah Masing-masing.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here