Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIPolda Jateng Terima Kunjungan Tim supervisi Ops Lilin Mabes Polri Di GT...

Polda Jateng Terima Kunjungan Tim supervisi Ops Lilin Mabes Polri Di GT Kalikangkung

TM Semarang –┬áTim Supervisi Operasi Lilin 2023 dari Mabes Polri meninjau GT Kalikangkung guna mengecek kesiapan Polda Jateng dalam pengamanan kegiatan masyarakat selama liburan Natal dan Tahun Baru pada hari Minggu (24/12/2023) pagi.
Tim tersebut dipimpin oleh Ketua tim Supervisi Direktur Samapta Korps Sabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Rudy Antariksa dan diterima langsung oleh Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Basya Radyananda selaku Karendal Ops Daerah didampingi sejumlah PJU dan seluruh Kasubsatgas serta personil Subsatgas Ops Lilin Candi 2023.
“Tujuan dari supervisi adalah untuk memastikan jajaran di kewilayahan menjalankan kegiatan operasi yang telah direncanakan dengan baik oleh Mabes Polri sehingga Cara Bertindak dan Gelaran Personil sesuai dengan SOP yang ditetapkan,” ujar Brigjen Pol Rudy Antariksa dalam sambutannya.
Dituturkan, potensi pergerakan masyarakat pada liburan natal dan tahun baru kali ini meningkat 2,5 kali lipat dibanding tahun kemarin.
“Prediksi puncak arus mudik Nataru di tanggal 22-23 Desember, sedangkan untuk arus arus balik di tanggal 26-27 Desember dan tanggal 1-2 Januari,” ungkapnya.
Namun jumlahnya pergerakan masyarakat belum sebanyak libur Lebaran sehingga pemberlakukan One Way dari Korlantas dirasa belum perlu dilakukan.
“Masih cukup melalui upaya rekayasa arus dan contra flow,” tuturnya.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, situasi kamtibmas di beberapa wilayah mengalami peningkatan sebagai imbas meningkatnya situasi politik dalam proses Pemilu 2024.
Disebutkan bahwa tantangan tugas polri semakin komplek. Dalam Ops Lilin tidak hanya pengamanan tempat ibadah dan arus mudik balik, namun juga antisipasi terorisme, penanganan bencana alam serta ketahanan pangan masyarakat.
“Hal ini perlu kesiapan kita semuanya. Selain itu pengamanan di tempat2 wisata, objek vital dan pemukiman warga juga harus kita antisipasi,” lanjutnya.
Dirinya meminta agar seluruh jajaran tidak lengah karena semua ini memerlukan kesiapsiagaan Polri untuk guna menciptakan harkamtibmas di tengah masyarakat.
Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan operasi kepolisian yang digelar mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama musim liburan Natal dan Tahun Baru.
“Indikator keberhasilannya yaitu kejahatan yang meresahkan berhasil ditekan, turunnya jumlah kecelakaan lalu lintas, serta tercukupinya kebutuhan bahan pokok masyarakat terutama BBM,” tandasnya.
Dalam pelaksanaan operasi pihaknya meminta adanya keterpaduan dari seluruh fungsi yang terlibat termasuk keterlibatan stakeholder terkait.
Dalam kesempatan tersebut, Karo Ops Polda Jateng selaku Karendal Ops Daerah, Kombes Basya Radyananda dalam laporannya menyebut meski pelaksanaan operasi lilin candi bersamaan dengan operasi mantap brata, pihaknya menjamin pelaksanaan kedua kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal.
“Berdasarkan instruksi Kapolda agar keterlibatan personil kami dibagi agar pelaksanaan kegiatan operasi berjalan lancar,” ujar Kombes Basya dalam paparannya.
Disebutkan bahwa selain anggota Polri, ops lilin candi juga melibatkan personil dari TNI dan instansi terkait.
“Personil dari instansi lain juga kami libatkan untuk hadir secara fisik di pos pam, pos yan dan pos terpadu sehingga pelaksanaan tugas operasi bisa berjalan secara sinergi,” pungkasnya.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here