Monday, March 4, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIPolres Jepara Kawal Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Seluruh PPK

Polres Jepara Kawal Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Seluruh PPK

TM Jepara – Kepolisian Resor (Polres) Jepara melakukan pengawalan pendistribusian logistik pemilu ke seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) di daerah itu.
“Hari ini, mulai dilakukan pengawalan pendistribusian logistik pemilu ke seluruh kecamatan di Kabupaten Jepara,” ujar Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat ditemui disela-sela kegiatan pengecekan pendistribusian logistik Pemilu bersama Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq dan Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma di gudang logistik KPU Jepara Desa Mulyoharjo, Jepara, Kamis (8/2/2024).
Logistik pemilu yang mulai didistribusikan ke seluruh kecamatan tersebut, yakni bilik suara, daftar pasangan calon presiden dan wakil presiden, daftar calon anggota DPD, daftar calon anggota DPRD provinsi dan kabupaten dan daftar calon anggota DPR RI.
Kemudian, tanda pengenal petugas ketertiban TPS, tanda pengenal petugas KPPS, lem/perekat, pulpen, spidol kecil, label kotak suara, tanda pengenal saksi calon presiden, tanda pengenal saksi partai politik serta tanda pengenal saksi DPD.
Logistik pemilu itu diangkut menggunakan kendaraan roda empat dengan dikawal ketat personel pengamanan dari Polres Jepara.
“Untuk surat suara dan logistik lain yang berada dalam kotak, juga didistribusikan mulai hari ini yakni tanggal 8-10 Februari 2024,” kata Japolres.
Ia menegaskan, kesiapan Polres Jepara dalam melaksanakan pengamanan selama proses Pemilu.
“Dengan sinergisitas dan kerja sama yang baik, kami berharap pemilu di Kabupaten Jepara dapat berlangsung aman, tertib dan lancar,” tambah AKBP Wahyu.
Polres Jepara, tambahnya, siap mengawal pendistribusian logistik pemilu ke seluruh wilayah di daerah itu, termasuk di wilayah terjauh dan terpencil hingga pulau terluar.
“Seperti yang sudah dilaksanakan pada tanggal 3 Februari lalu, Polres Jepara telah melaksanakan pengawalan logistik Pemilu ke Kecamatan Karimunjawa,” jelasnya.
Abituren Akpol 2003 ini juga menyampaikan, bahwa personel Polres Jepara terus mengintensifkan patroli di gudang logistik KPU Jepara.
“Kami terus mengintensifkan patroli untuk memastikan bahwa keamanan gudang KPU terjaga. Kami tidak ingin ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti pencurian, perusakan atau sabotase terhadap logistik pemilu,” tegas Kapolres.
Pengamanan gudang KPU dilakukan kata AKBP Wahyu, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas terkait dengan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.
“Mengantisipasi adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengganggu jalannya Pemilu 2024. Kami akan menindak tegas siapa pun yang mencoba mengganggu Pemilu Serentak 2024,” pungkasnya.
Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami selaku Kasatgas Humas Ops Mantap Brata Candi 2023-2024 menegaskan pengamanan pendistribusian logistik Pemilu adalah prioritas utama Operasi Mantap Brata 2024.
“Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Jepara. Kerja sama antara kepolisian, PPK, dan pihak terkait sangat penting untuk menjaga integritas logistik Pemilu,” ujar Ipda Puji.
Ia menyampaikan sesuai surat perintah pengiriman logistik Pemilu 2024 ke setiap kecamatan akan mendapat pengawalan langsung dari personel Polres Jepara. Tujuannya untuk memastikan logistik Pemilu sampai ke tujuan dengan aman dan terhindar dari potensi gangguan yang dapat mengancam kelancaran demokrasi.
Lulusan SIP Angkatan 51 ini menambahkan, bahwa Polres Jepara selalu siap memberikan informasi kepada masyarakat terkait proses distribusi logistik Pemilu 2024.
“Dengan adanya dukungan dan pemantauan dari masyarakat, diharapkan proses demokrasi di wilayah Jepara dapat berjalan dengan lancar dan aman,” harap Ipda Puji.
Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara akan mendistribusikan logistik Pemilu 2024 untuk 15 kecamatan di Kabupaten Jepara dalam rentang 8-10 Februari 2024.
Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Muhammadun mengatakan, bahwa logistik akan dikirim terlebih dahulu ke Kecamatan yang lokasinya paling jauh dari gudang KPU Jepara.
“Sesuai dengan hasil pleno itu, distribusi logistik mendahulukan kecamatan yang lokasinya terjauh dari Gudang KPU. Untuk Karimunjawa dikirim 3 Februari lalu dan sekarang logistik sudah di Gudang PPK Karimunjawa. Untuk pengiriman logistik di 15 kecamatan lain dimulai 8 Februari,” ujar Muhammadun.
Ia menjelaskan, pada Kamis (8/2/2024), KPU akan mendistribusikan logistik pemilu ke Kecamatan Donorojo, Keling, Kembang, Nalumsari, Mayong, dan Welahan.
Logistik pemilu untuk Kecamatan Mlonggo, Bangsri, Pakis Aji, Pecangaan, Kalinyamatan, dan Batealit dikirim pada 9 Februari 2024.
Sedangkan untuk Kecamatan Jepara, kedung, dan Tahunan dikirim pada 10 Februari 2024.
Ia menambahkan, pengiriman logistik dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di semua desa/kelurahan akan dilaksanakan pada 11-12 Februari 2024.
Sedangkan dari desa/kelurahan ke TPS akan dilakukan serentak pada 13 Februari 2024 atau sehari sebelum pemungutan suara berlangsung.
Khusus di kepulauan Karimunjawa, tanggal 8 Februari 2024 dijadwalkan pengiriman dari kecamatan ke desa.
“KPU sudah menyampaikan ke PPK dan PPS perihal distribusi logistik ini, termasuk mengenai standar yang harus dilakukan, seperti koordinasi dengan Polsek dan Panwascam setempat. Gudang penyimpanan logistik di kecamatan maupun desa/kelurahan juga dipastikan sudah siap menerima logistik,” pungkasnya.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here