Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIPolres Sukoharjo Bagikan Buku Saku Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu 2024

Polres Sukoharjo Bagikan Buku Saku Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu 2024

TM Sukoharjo – Polda Jateng kembali menekankan komitmen terkait netralitas anggota Polri dalam Pemilu. Hal tersebut dibarengi dengan hadirnya Buku Saku Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu 2024.
Buku tersebut telah dibagikan kepada seluruh anggota Polri di jajaran Polda Jateng. Tak terkecuali Polres Sukoharjo yang telah membagikan buku pedoman tersebut kepada anggotanya pada Senin (4/12/2023).
Didalam buku saku yang di keluarkan oleh Kapolda Jateng tersebut, memuat delapan dasar hukum dan jukrah tahapan Pemilu 2024, tujuh belas perilaku netralitas Polri dalam tahapan Pemilu 2024, lima bentuk tindakan patroli netralitas, gaya berfoto anggota Polri yang di perbolehkan berikut empat belas gaya berfoto anggota Polri yang tidak di perbolehkan.
“Buku Saku Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu 2024 ini berisi petunjuk dan arahan bagaimana personil Polri bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Buku saku ini sudah ada terkait tahapan pemilu termasuk didalamnya mengatur tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan, misalnya gaya berfoto maupun penggunaan medsos,” ujar Kasatgas Humas Polres Sukoharjo Kompol Daryanta.
 Kasatgas Humas menekankan kepada seluruh jajaran anggota Polres Sukoharjo untuk mempedomani buku yang merupakan buku panduan bagi personil Polri, dalam mewujudkan netralitas pada Pemilu 2024.
Dijelaskan Kompol Daryanta, netralitas Polri termasuk dalam pelayanan Polri dalam penerimaan laporan pengaduan masyarakat yang mengarah Tindak Pidana Umum dibarengi dengan Tindak Pidana Pemilu.
Netralitas Polri, lanjutnya menjelaskan, merupakan salah satu program prioritas Kapolri dalam mewujudkan Polri yang Presisi, sebagaimana penekanan Kapolri tentang jaminan keamanan dan netralitas Polri dalam pelaksanaan Pemilu 2024.
“Penekanan dan arahan terkait netralitas telah diberikan secara menyeluruh dan terus menerus hingga ke tingkat Polres dan Polsek di jajaran Polda Jateng,” jelas Kompol Daryanta.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here