Monday, March 4, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIRakor Linsek Ops Lilin Candi 2023 Polda Jateng; beberkan Strategi hadapi Nataru

Rakor Linsek Ops Lilin Candi 2023 Polda Jateng; beberkan Strategi hadapi Nataru

TM Magelang – Jumlah masyarakat yang akan mudik ke wilayah Jawa Tengah selama musim liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 diperkirakan akan mengalami kenaikan dibandingan tahun sebelumnya. Diprediksi sekitar 13 juta masyarakat mudik ke Jawa Tengah, jumlah ini naik sekitar 124 persen dibandingkan tahun lalu.
Hal itu disampaikan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai memimpin Rapat Lintas Sektoral Persiapan Operasi Lilin Candi 2023/2024 di Hotel Atria, Magelang pada Senin, (18/12/2023) pagi.
Rakor Linsek tersebut dihadiri oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana serta seluruh Kapolres, Dandim dan Forkopimda Kabupaten / Kota seluruh Jawa Tengah.
” Hari ini kami laksanakan Rakor Linsek dalam rangka menyongsong Ops Lilin Candi 2023 yang akan digelar selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 02 Januari 2024,” ujar Kapolda dihadapan awak media.
Polda Jateng akan menerjunkan sebanyak 15.700 personil yang akan disebar di 279 titik pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu guna mengamankan kegiatan masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Pengamanan akan berfokus pada kegiatan masyarakat selama Natal dan Tahun baru terutama kegiatan Misa atau ibadah yang dilaksanakan di 3.543 gereja di seluruh Jawa Tengah.
” Termasuk juga obyek wisata yang menjadi destinasi masyatakat selama libur Natal dan Tahun baru. Dalam pengamanan, Polri dibantu dengan TNI dan stakeholder yang lain,” lanjutnya.
Adapun sistem pengamanan ada yang bersifat patroli mobiling dan pengamanan stasioner di gereja maupun tempat wisata.
Untuk mengantisipasi kemacetan, Polda Jateng juga telah menyiapkan tim urai di masing masing penggal jalan tol dan jalur pantura oleh masing masing Polres.
” Peningkatan arus diprediksi terjadi pada H-1 atau tanggal 30 Desember 2023. Terkait one way, konsep sudah kita siapkan tapi menunggu petunjuk dari Mabes Polri untuk pelaksanaannya,” imbuhnya.
Kapolda juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kondisi kesehatan selama musim liburan Natal dan tahun baru.
“Kalau perlu pakai masker dan biasakan hidup sehat,” tandasnya.
Sementara itu Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana mengapresiasi pelaksanaan Rakor Linsek yang digelar Polda Jateng, Menurutnya kegiatan rapat ini sangat diperlukan untuk menyatukan persepsi petugas di lapangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
” Kita akan mendukung pelaksanaan kegiatan operasi dan akan berkolaborasi dengan TNI dan Polri, Nanti dari Satpol PP, Dishub serta fungsi lain yang terkait akan ikut diterjunkan dalam pengamanan natal dan tahun baru,” ujar Pj. Gubernur.
Dirinya juga memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat baik BBM maupun sembako akan terjamin selama nataru
” Kita sudah rapatkan dan hasilnya selama Natal Tahun Baru dan selama pemilu stok ketersediaan kebutuhan masyarakat sangat tercukupi. Tinggal kita awasi pasokan dan distribusinya,” pungkasnya.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here