Wednesday, February 21, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRIRibuan Anggota Linmas Diserahkan ke Polres Jepara, BKO Pengamanan Pemilu

Ribuan Anggota Linmas Diserahkan ke Polres Jepara, BKO Pengamanan Pemilu

TM Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara menyerahkan ribuan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke Polres Jepara. Seluruh anggota linmas itu akan berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polres Jepara untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.
Penyerahan dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko kepada Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dalam apel yang berlangsung di halaman Setda Jepara, Senin (5/2/2024).
Pada kesempatan itu, Sekda mewakili Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Sedangkan Kapolres diwakili Wakapolres Jepara Kompol Indra Jaya Syafputra.
Penyerahan disaksikan perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Jepara, Komisioner KPU Kabupaten Jepara, para kepala perangkat daerah, serta pejabat di lingkungan Polres Jepara dan Kodim 0719/Jepara.
Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa penyerahan 7.824 anggota Satlinmas se-kabupaten Jepara ini dilakukan dengan pelaksanaan apel gelar pasukan dan pengukuhan Satlinmas di halaman Setda Jepara.
“Apel dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Jepara, dilanjutkan dengan pengecekan pasukan di pimpin unsur Forkopimda. Kemudian, penandatanganan berita acara serah terima BKO Satlinmas se-kabupaten Jepara dan launching seragam satuan perlindungan masyarakat,” jelasnya
Sementara itu, Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko menyampaikan, bahwa dari seluruh anggota Linmas yang di-BKO-kan ke Polres Jepara, sebanyak 6.980 personel akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Sedangkan 844 lainnya bertugas di luar TPS, yakni PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan),” ujar Edy Sujatmiko.
Kepada para anggota Satlinmas dia berpesan agar tugas itu dilaksanakan sebaik-baiknya. “Jika menemui potensi konflik, jangan bertindak sendiri. Segera laporkan dan koordinasikan kepada pihak terkait karena semu memiliki tugas dan kewenangan masing-masing,” tambahnya.
Dia juga meminta kepada para anggota Satlinmas untuk menguatkan komitmen mewujudkan seluruh rangkaian Pemilu 2024 yang aman, tertib, dan kondusif.
Diberitakan sebelumnya, bahwa Polres Jepara telah menggelar Apel Pengecekan dan Bimbingan Teknis Personel Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang bertempat di Gedung Wanita Jepara, Minggu (4/2/2024) lalu.
Apel yang digelar secara serentak dan dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan ini, merupakan langkah lanjut kesiapan Polri untuk pengamanan pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
Dimana Polres Jepara mengerahkan 542 personel untuk menjaga TPS di seluruh wilayah hukum Polres Jepara, ditambah dengan rekan-rekan dari TNI sebanyak 466 personel dan 7.824 dari Linmas yang akan dikerahkan pada saat distribusi logistik, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here