Thursday, April 18, 2024
spot_img
HomeTNI/POLRITekan Angka Kecelakaan Perairan, Polres Sukoharjo Laksanakan Program “Ikan Selayar” di Waduk...

Tekan Angka Kecelakaan Perairan, Polres Sukoharjo Laksanakan Program “Ikan Selayar” di Waduk Mulur

TM Sukoharjo – Hari ini Rabu (8/3/2023) seluruh jajaran polres di Polda Jawa Tengah (Jateng) secara serentak melaksanakan program “Ikan Selayar”. Tak terkecuali Polres Sukoharjo yang juga melaksanakan kegiatan serupa di Waduk Mulur Bendosari.
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menjelaskan, Ikan Selayar yang dimaksud adalah ikut andil dalam keselamatan berlayar. Ikan Selayar merupakan program yang lahir dari rasa perihatin atas terjadinya musibah laka laut atau air di wilayah hukum Polda Jateng.
Berdasarkan data Kamtibmas Ditpolairud Polda Jateng pada tahun 2022-2023, terdapat kejadian laka perairan sebanyak 186 kejadian, dengan jumlah korban meninggal dunia 131 orang, jumlah korban yang belum ditemukan 30 orang dan korban luka luka 4 orang.
Dari jumlah 131 orang meninggal dunia, terdapat 54 orang meninggal disebabkan karena tenggelam, hanyut dan jatuh di laut atau perairan. Salah satu kejadian menonjol dan sempat menjadi pemberitaan nasional yakni terjadi pada tahun 2021 pada saat hari raya Idul Fitri.
“Insiden itu terjadi di kawasan Waduk Kedungombo Kabupaten Boyolali yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia,” papar AKBP Wahyu.
Kapolres menyampaikan, adapun faktor penyebab dari kejadian laka air tersebut adalah kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat perairan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan disaat beraktivitas di perairan, contohnya yaitu menaikan penumpang wisatawan melebihi daya tampung perahu wisata dan para penumpang tidak menggunakan alat keselamatan diri (life jacket).
“Kita juga menemukan faktor lainnya yakni nahkoda perahu masih dibawah umur serta tidak mempunyai kompetensi dibidangnya, sehingga hal ini mengakibatkan perahu tenggelam dan 9 orang meninggal dunia,” urainya.
Untuk itu, lanjut Kapolres, guna mencegah dan meminimalisir kejadian laka laut/air di objek wisata perairan danau, waduk, bendungan, sungai, dan pesisir laut yang ada di wilayah Polda Jateng, maka perlu dilakukan langkah-langkah nyata yaitu dengan melaksanakan kegiatan program Ikan Selayar.
“Pelaksanaan program Ikan Selayar dilaksanakan secara serentak dan bersama-sama diseluruh wilayah hukum Polda Jateng dengan membagikan life jacket di obyek wisata perairan di 35 lokasi. Termasuk di Sukoharjo, kita membagikan life jacket kepada para nelayan dan aktivis pariwisata,” ungkapnya.
“Perlu kami informasikan, sampai saat ini Polda Jateng telah membagikan 3.700 buah life jacket kepada masyarakat perairan. Ini adalah bagian atau upaya kita untuk menekan atau menurunkan angka kecelakaan di wilayah perairan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penggunaan atau pemakaian alat keselamatan disaat beraktivitas di perairan adalah sudah menjadi standar operasional prosedur serta menjadikan budaya keselamatan aktivitas di wisata perairan menjadi budaya kita semua,” pungkas AKBP Wahyu.
Dalam kegiatan tersebut, Polres Sukoharjo juga memberikan pelayanan pengecekan kesehatan terhadap para nelayan serta pembagian sembako.
Editor : Ds Chandra
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here