Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeDaerahPemilihan Umum 2024: Sarana Penunjang Siap Didistribusikan Di Batang

Pemilihan Umum 2024: Sarana Penunjang Siap Didistribusikan Di Batang

TM  Batang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, yang bertugas sebagai penyelenggara pemilihan umum pada tanggal 14 Februari 2024, kini telah memulai persiapan yang intensif. Mereka fokus pada penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan serta sumber daya manusia yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kabupaten Batang.
Secara keseluruhan, KPU Batang memerlukan sebanyak 12.875 kotak suara, yang akan didistribusikan ke seluruh TPS di Kabupaten Batang.
Kharis Nurhasim, Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Batang, menginformasikan bahwa KPU Batang telah menerima 8.018 kotak suara pada tanggal 16 Oktober lalu.
“Ini berarti masih ada sekitar 4.060 kotak suara yang harus dikirim dari KPU Pusat,” terangnya.
Kharis Nurhasim juga menyebutkan bahwa dari kotak suara yang telah diterima, sebanyak 39 kotak suara mengalami kerusakan. Oleh karena itu, KPU Batang berencana untuk mendapatkan penggantian dari KPU Pusat dalam pengiriman berikutnya.
Sementara itu, bilik suara yang dibutuhkan, yaitu sebanyak 10.276 buah, telah dikirimkan ke gudang KPU pada tanggal 20 Oktober. Sebelum didistribusikan ke TPS, kotak dan bilik suara ini akan dirakit terlebih dahulu, dan akan dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa persiapan pemilihan berjalan dengan baik, dan pendistribusian akan dilakukan minimal satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara.
Selain itu, KPU Batang juga mengambil berbagai langkah antisipatif untuk menjaga agar kotak dan bilik suara tetap aman dan dapat digunakan saat pemungutan suara.
“Sekarang sudah mendekati musim hujan, rencana akan dipasang terpal. Dan akan disemprot cairan anti rayap dan tikus, sehingga tercegah dari kerusakan,” bebernya.
Untuk memastikan keamanan selama pendistribusian sarana penunjang dari KPU Pusat ke gudang KPU Batang, Personel Bagian SDM Polres Batang, Bripka Ignatius Arisandi, memastikan adanya pengamanan. Tujuh personel dari Polres Batang telah ditugaskan untuk mengamankan gudang dan kantor KPU.
“Patroli dari Polres dan instansi terkait terus Diintensifkan hingga menjelang pendistribusian ke seluruh TPS,” tegasnya.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here