Saturday, June 15, 2024
spot_img
HomeUtamaMudik Gratis Kemenhub, Terminal Harjamukti Berangkatkan Ratusan Perantau Kembali ke Ibu Kota

Mudik Gratis Kemenhub, Terminal Harjamukti Berangkatkan Ratusan Perantau Kembali ke Ibu Kota

 

TM CirebonRatusan pemudik kembali ke Jakarta menggunakan bus melalui program Mudik Gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Mereka menggunakan delapan bus dari Terminal Tipe A Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (28/4/2023).
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Drs. Andi Armawan, M.Si., mengatakan, program Mudik Gratis Kemenhub efektif mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik. Selain itu, mengalihkan pemudik pakai sepeda motor untuk pulang kampung dan kembali ke perantauan.
“Dengan menggunakan bus, pemudik merasa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan,” kata Andi usai melepas pemudik dalam program Mudik Aman dan Berkesan Kemenhub.
Dishub Kota Cirebon sangat mengapresiasi program tersebut. Namun Andi meminta, kuota tahun depan ditambah. Sebab, pemudik sangat antusias dengan program yang digagas Kemenhub ini.
“Dalam hitungan jam, kuota mudik gratis yang dibuka secara online langsung penuh. Semoga ada penambahan pada tahun depan,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah IX Provisi Jawa Barat, Muhammad Fahmi, S.T., M.M.Tr., menjelaskan, Program Mudik Gratis sebagai upaya pihaknya mengurangi kecelakaan saat arus mudik dan arus balik.
“Ini komitmen kami memberikan solusi yang terbaik untuk masyarakat. Kami sediakan mudik gratis yang aman dan berkesan,” tutur Fahmi.
Hari ini ada delapan keberangkatan ke Jakarta yang serentak di Jawa dan Bali. Sedangkan untuk keberangkatan di wilayah 3 Cirebon, terpusat di Terminal Tipe A Harjamukti, Kota Cirebon.
“Pemudik dari wilayah 3 Cirebon yang telah mendaftar untuk kembali ke Jakarta berangkatnya dari Terminal Tipe A Harjamukti, Kota Cirebon,” jelasnya.
Total ada 250 pemudik yang kembali ke Jakarta. Mereka akan turun di Terminal Terpadu Pulo Gebang dan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur atau sesuai saat kepulangan pada pekan lalu.
(Mahmud)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here