Saturday, June 15, 2024
spot_img
HomeNasionalSekjend Kemendes PDTT: Transformasi Keuangan Negara Harus Berbasis Digital

Sekjend Kemendes PDTT: Transformasi Keuangan Negara Harus Berbasis Digital

TM Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid mengingatkan PNS Formasi STAN yang baru dilantik untuk bekerja dengan memanfaatkan teknologi digital.
Salah satunya dengan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga dapat melaksanakan transformasi keuangan negara berbasis digital melalui Integrated Financial Management Information System (IFMIS).
“SDM harus kita siapkan, investasi teknologi menjadi penting juga karena kita mau ada satu bentuk tata kelola keuangan yang terintegrasi karena kita ingin mengubah, transformasi dari paper base pada electronic base system,” kata Taufik Madjid saat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil Formasi STAN Tahun Anggaran 2023 di Lingkungan Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (28/2/2024).
“Sehingga ada kemudahan kita ketika mencari data. Kita punya banyak program tapi data tidak terintegrasi, tidak electronic system, masih paper base akhirnya bingung kalau diminta data,” sambungnya.
IFMIS dikembangkan di Indonesia lebih dari satu dekade terakhir.
Perkembangan teknologi pun sudah terjadi secara masif namun masih banyak hal yang harus diperbaiki untuk terlaksananya tata kelola pemerintahan yang cepat dan tepat dalam peranan setiap institusi.
Sekjen Taufik menyatakan bahwa disrupsi teknologi adalah sebuah hal yang wajib diikuti perkembangannya oleh semua kalangan termasuk pemerintah.
Dengan adanya disrupsi teknologi dalam sistem pemerintahan maka seluruh program maupun tugas dan fungsi semua Kementerian/Lembaga dapat berjalan dengan mudah dan efektif.
Hal ini juga harus diikuti dengan pemerintahan yang berkualitas dan kredibel. Sehingga kepercayaan publik pun terus meningkat.
“Kita menuju pada satu model sistem dan tata kelola keuangan negara yang harus kredibel, akuntabel, dan transparan. Sehingga bisa meningkatkan social trust pada penyelenggaraan negara, kepada government. Karena trust melahirkan pemerintah yang efektif bekerja, kepercayaan publik pada negara ini sangat penting,” terang Sekjen Taufik.
Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemendes PDTT melantik 12 orang yang kemudian ditetapkan sebagai PNS dan ditempatkan di berbagai unit kerja Kemendes PDTT.
Pelantikan tersebut juga dihadiri Dirjen PEID Harlina Sulistyorini, Dirjen PDP Sugito, Kepala BPSDM Luthfiyah Nurlaela, dan pejabat tinggi pratama. (**)

Editor: RDI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here