Cegah PMK, Peran Babinsa Koramil 0808/13 Blitar Dirasakan Dampaknya Bagi Peternak

24
Cegah Penyebaran Penyakit Mulut Dan Kuku, Babinsa Koramil Doko Cek Hewan Ternak Milik Warga Binaannya. (Foto/Tim)
TM┬áBlitar – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah, Babinsa Koramil 0808/13 Doko Kodim 0808/Blitar Koptu Dwi Aprianto, melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengecekan hewan ternak milik warga binaannya, bertempat di rumah Bapak Gunawan Dsn. Suru RT. 2 RW. 1 Desa Suru Kec. Doko Kab. Blitar, Rabu (29/3/2023).
Koptu Dwi di sela-sela kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa saat ini penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak masih belum berakhir.
Untuk itu, ia berharap kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan lainnya, agar senantiasa memperhatikan kebersihan kandangnya, ujar Koptu Dwi.
Sementara itu, Danramil 0808/13 Doko Kapten Inf Ismail saat dikonfirmasi di tempat terpisah, berpesan kepada warga masyarakat yang mempunyai hewan ternak, untuk tetap menjaga kesehatan hewan ternak miliknya.
Dengan tidak lupa selalu memperhatikan sekelilingnya, baik lingkungan kandang, saluran pembuangan kotoran dan sisa makanan.
Lebih lanjut Kapten Inf Ismail menambahkan, apabila ada hewan ternak yang kelihatan sakit, agar segera dipisahkan dari hewan ternak yang lain.
Atau dikarantina terlebih dahulu, sehingga tidak menular ke hewan ternak yang lainnya.
Dan segera dilaporkan ke dinas terkait, tujuannya supaya bisa ditangani dengan cepat, tepat serta tidak berakibat fatal.
Hal ini sekaligus sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, tegasnya (Dim0808).

Editor: Meghawaty

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here