Wednesday, February 21, 2024
spot_img
HomePolitikKomunikolog Soroti Pilihan Diksi Gibran saat Debat Cawapres Pamungkas

Komunikolog Soroti Pilihan Diksi Gibran saat Debat Cawapres Pamungkas

TM Jakarta РMengikuti jalannya debat keempat Capres-Cawapres Pilpres 2024, pakar komunikolog Prof. Emrus Shihombing menilai kembali terjadi adanya emosional berlebih yang ditunjukkan oleh Cawapres Paslon Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka.
“Debat antar Cawapres kemarin malam menunjukkan bahwa Gibran sama sekali tidak memiliki kematangan emosional. Selain itu, perilaku tersebut dari sudut psykologi komunikasi, tidak menghargai KPU yang sudah merancang dan menyelenggarakan Debat Cawapres dengan sangat serius,” ujarnya kepada media ini, Senin (22/1).
Emrus juga menyebut, Cawapres Gibran Rakabuming Raka tidak mencerminkan menghargai dua debater yang lain serta tidak menghargai semua khalayak penonton di seluruh tanah air.
“Perilaku Gibran tak ubahnya seperti STAND UP COMEDY. Salah satu di antaranya “tegoran” Gibran ke Gus Imin pada rekaman di atas sangat tidak pantas dalam suatu perdebatan formal. “Tegoran” Gibran tersebut berpotensi dimaknai publik sebagai tidak menghormati Gus Imin sebagai “teman” debat,” tegasnya.
“Sejumlah kata atau pilihan diksi Gibran pada debat yang sedang berlangsung saat ini sama sekali sudah tidak menghargai dua debater lainnya, Mahfud dan Cak Imin. Ini berpotensi menggerus posisi elektabilitas Prabowo-Gibran,” tambahnya.
Komunikolog yang konsisten mengupas dan menyuarakan permasalahan komunikasi itu juga menyayangkan prilaku (stand-up comedy-red) harus dimunculkan dalam forum debat formal pamungkas dari para Cawapres yang menjadi perhatian masyarakat banyak.
“Ini tidak lazim dalam sebuat acara debat formal untuk menjadi pemimpin nasional, sebagai Wakil Presiden untuk negara Indonesia yang berazaskan keberadaban, yang tertuang pada Sila Kedua Pancasila yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab,” pungkasnya. (Rendy)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here